top ear
Balai Bahasa Jawa Tengah. (Instagram/Balaibahasajawatengah),
  • SOLOPOS.COM
    Balai Bahasa Jawa Tengah. (Instagram/Balaibahasajawatengah),

Balai Bahasa Jateng Akan Gelar Bintek Penulisan Kreatif di Cilacap

Balai Bahasa Jateng akan menggelar Bintek Penulisan Kreatif di SMKN 1 Cilacap.
Diterbitkan Jumat, 26/02/2021 - 15:05 WIB
oleh Solopos.com/Kaled Hasby Ashshidiqy
2 menit baca

Solopos.com, SEMARANG -- Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah akan menggelar program fasilitasi dan pembinaan masyarakat untuk meningkatkan jumlah penutur bahasa Indonesia terbina. Kegiatan ini bertajuk Bimbingan Teknis Penulisan Kreatif di Media Massa Sekolah Kabupaten Cilacap ini merupakan bentuk pemberdayaan komunitas literasi.

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (24/2/2021), kegiatan ini akan digelar selama empat hari mulai Senin (1/3/2021) di di SMK Negeri 1 Cilacap, Jalan Budi Utomo 10, Sidakaya, Kabupaten Cilacap.

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, panitia kegiatan, Suryo Handono, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan berkat kerja sama Balai Bahasa Provinsi Jateng dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP, SMA, dan SMK Kabupaten Cilacap. Selain itu Balai Bahasa Provinsi Jateng  juga menggandeng Solopos dan Suara Merdeka.

Baca juga: Ternyata Bukan Gibran, Ini Kepala Daerah Termuda di Jawa Tengah, Suami Artis

"Menulis merupakan sebuah kebutuhan dalam meningkatkan kreatifitas literer. Aktifitas tersebut perlu dibiasakan dalam kehidupan. Namun, dalam praktiknya, masih terdapat hambatan karena keterampilan menulis belum merata. Hambatan itu juga dialami komunitas guru dalam mengajarkan materi menulis kepada siswa. Bimbingan teknis ini diharapkan bisa mengatasi hambatan tersebut," ujar Suryo dalam rilisnya, Rabu (24/2/2021).

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara luring dan daring (Zoom dan Youtube). Akan ada 40 orang guru SMP, SMA, dan SMK yang akan mengikuti secara tatap muka serta 400 orang secara virtual. Kegiatan ini akan menghadirkan pengajar dari Balai Bahasa Provinsi Jateng, praktisi media massa Solopos dan Suara Merdeka, serta MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Cilacap.

Baca juga: Ganjar Usulkan Rp3,19 T untuk Atasi Banjir & Rob Pantura Jateng

Balai Bahasa Jateng berharap bimbingan teknis ini mampu menghasilkan sejumlah guru yang terlatih dalam mengelola, menggunakan bahasa, menuangkan ide dalam berbagai bentuk tulisan kreatif di media massa sekolah dan sebuah antologi esai.


Editor : Profile Kaled Hasby Ashshidiqy
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya