SOLOPOS.COM - Aktivitas jual beli bahan pokok di Pasar Legi Solo, Kamis (11/11/2021). (Solopos/Ika Yuniati)

Solopos.com, SOLO — Para pedagang Pasar Legi Solo beramai-ramai menggelar aksi solidaritas untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Mereka menggalang dana, sembako, serta sejumlah barang untuk disalurkan di lokasi bencana.

Gerakan tersebut mendapatkan respons menggembirakan dari para bakul Pasar Legi. Hingga Rabu (8/12/2021) siang, donasi uang yang terkumpul mencapai Rp15 juta. Donasi tersebut dihimpun melalui rekening bank serta donasi langsung dari pedagang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain uang tunai, pedagang juga ada yang menyumbang sembako serta kebutuhan sehari-hari seperti air mineral, sikat gigi, sabun dan lain sebagainya. Ketua Ikatan Pedagang Pasar Legi Solo, Tugiman, mengatakan pengumpulan donasi bersifat sukarela.

Baca Juga: Walah, Baru 42% Pekerja di Solo Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

Pedagang menghimpun bantuan sejak Sabtu (4/12/2021) hingga Kamis (9/12/2021) pagi. Tugiman mengatakan antusiasme pedagang untuk membantu korban bencana cukup tinggi.

“Sampai hari Rabu sudah ada sekitar Rp15 juta yang terkumpul. Kami membebaskan besaran donasi, ada yang puluhan ribu sampai Rp1 juta,” ujar Tugiman saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu.

Baca Juga: Pengamat Politik Sebut Jokowi Dalam Bayang-Bayang Kutukan Periode Kedua

Tugiman menyebut bantuan berupa sembako dan sejumlah barang kebutuhan hidup juga terus mengalir. Menurutnya, bantuan bakal disalurkan langsung oleh perwakilan bakul Pasar Legi ke Lumajang. Pedagang bakal membawa dua mobil double cabin untuk mengangkut bantuan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan wilayah bencana terkait bantuan yang dibutuhkan. Jadi selain uang, kami akan menyalurkan sejumlah bantuan barang. Rencananya kami berangkat Kamis siang,” ujar Tugiman.

Baca Juga: PLN Solo: Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Bakal Terus Ditambah

Meski jumlahnya tak seberapa, ia berharap donasi pedagang Pasar Legi Solo dapat meringankan beban korban bencana erupsi Semeru. “Semoga bisa sedikit membantu warga di sana,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya