SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto: Dokumentasi)

Ilustrasi (Foto: Dokumentasi)

Para ilmuwan di Stanford University, Amerika Serikat, menciptakan bakteri virtual yang meniru cara organisme sebenarnya bekerja. Bakteri virtual yang diciptakan berupa program komputer dan merupakan replika bakteri mycoplasma genitalium.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seluruh informasi tentang bakteri, termasuk DNA dan semua komponen lain dari sel tunggal, ada dalam program. Para ilmuwan berharap simulasi menggunakan bakteri virtual akan membantu mereka menjelajahi seluk-beluk dan cara kerja sel bakteri.

Mereka juga dapat mengungkap penyebab genetik suatu penyakit dan memprediksi bagaimana terapi baru untuk mencegah atau mengobati penyakit tersebut.”Ada ribuan faktor yang berinteraksi dengan cara sangat rumit pada sebuah penyakit. Kita perlu memahami seluruh sel yang menyebabkannya,” kata Profesor Markus Covert, pemimpin penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cell, seperti dilansir tempo.co.

Untuk membantu memahami kerumitan sel bakteri, Profesor Covert dan timnya mengawali dengan menciptakan kembali seluruh siklus hidup M. genitalium. Bakteri parasitik yang menularkan penyakit seksual ini dipilih karena memiliki siklus biologis yang sederhana.

Informasi tentang biologi mycoplasma genitalium diambil dari lebih 900 jurnal ilmiah. Seluruh data lantas diprogram ke dalam simulasi komputer. Informasi setiap sel terhimpun dalam setengah gigabyte data. Profesor Covert mengatakan bakteri virtual temuannya dapat diunduh siapa saja. Ia berharap para ahli biologi dan profesional lain dapat memanfaatkan bakteri virtual dan menggunakannya dalam simulasi komputer untuk mempelajari penyakit.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya