[ X ] CLOSE

Bakso Wonogiri &  Solo Terkenal Enak, Mana Favoritmu?

Bakso Solo dan Wonogiri yang terkenal lezat memiliki perbedaan pada kuah kaldu yang dipakai.
Bakso Wonogiri &  Solo Terkenal Enak, Mana Favoritmu?
SOLOPOS.COM - Ilustrasi bakso Wonogiri. (Pictagram)

Solopos.com, SOLO – Kuliner bakso sangat terkenal dan digemari hampir semua orang di Indonesia. Ada dua jenis bakso dari Jawa Tengah yang cukup populer di berbagai tempat, yakni asal Solo dan Wonogiri. Lantas, tahukah Anda apa perbedaan kedua bakso ini?

Dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (27/3/2021), konon bakso yang populer di Wonogiri itu berasal dari Kota Solo, Jawa Tengah yang awalnya dibuat dari daging babi dan dikonsumsi masyarakat Tionghoa. Lambat laun, kaum boro asal Wonogiri memodifikasi resep tersebut dan mengganti daging babi dengan sapi agar bisa dikonsumsi umat muslim.

Kuliner berupa bola-bola daging yang berasal dari Solo dan Wonogiri ini sebenarnya hampir mirip baik dari segi rasa maupun isiannya. Perbedaannya terletak pada bahan kuah kaldu yang dipakai.

Baca juga: Kenapa Bakso Wonogiri Terkenal Enak?

Bakso Solo

Kuah bakso Solo dibuat dari daging maupun tetelan yang membuatnya lebih berminyak dan gurih. Warna kuahnya juga cenderung lebih keruh karena kaya bumbu dan memakai kaldu daging.

Bakso khas Solo yang paling terkenal adalah bakso urat yang tidak halus, melainkan bertekstur. Rasa khas dari daging sapi sangat terasa dalam bakso tersebut.

Seporsi bakso Solo biasanya berisi bola-bola daging yang dipadukan dengan bihun. Anda juga bisa meminta tambahan tetelan serta irisan daging untuk menambah kenikmatan.

Baca juga: Terlilit Utang Judi, Warga Sidoharjo Sragen Nekat Maling Laptop hingga Burung

Bakso Wonogiri

Berbeda dengan Solo, kuah bakso Wonogiri cenderung lebih bening dan polos karena dibuat dari kalsu rebusan tulang sapi. Tekstur bakso Wonogiri juga sangat lembut dan kenyal lantaran campuran daging sapi dan tepung dengan takaran khusus yang digiling halus.

Harga seporsi bakso Wonogiri juga cenderung lebih murah daripada bakso urat Solo. Anda bisa menikmati kuliner ini mulai harga Rp5.000.

Selain bakso, mi ayam khas Solo dan Wonogiri juga layak dicicipi. Keduanya memiliki rasa yang hampir mirip, yakni perpaduan manis dan legit.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago