SOLOPOS.COM - Penampakan bakso tumpeng merapi, varian bakso pedas ala pengusaha kuliner di Klaten.

Solopos.com, KLATEN – Ada cerita soal kuliner yang bentuknya terinspirasi dari Gunung Merapi yang diwarnai lelehan lava. Ini dia, bakso tumpeng yang dilumuri sambal ekstra pedas dan menu ini diberi nama Bakso Tumpeng Merapi.

Menu ini disajikan di warung Mi Ayam dan Bakso Berkah Roso di Dukung Padangan, Desa Glodogan, Kecamatan Klaten Selatan, Klaten. Menu ini berbasis bakso yang disajikan dalam bentuk kerucut menyerupai tupeng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Es Potong, Kuliner Klaten Pembangkit Kenangan Masa Kecil

Sambal ekstra pedas terbuat dari cabai rawit melumuri bagian luar tumpeng hingga mirim lelehan lava Gunung Merapi. Rupanya ragam kuliner ini diciptakan si pemilik warung, Rina Muslikhatun baru September 2021 ini.

Bakso tumpeng merapi di Klaten Selatan ini dijual seharga Rp25.000 per porsi. Penyajian bakso menggunakan mangkuk. Pada bagian tumpeng juga diberi sedikit seledri dan bawang merah. Rasa pedas bakso tumpeng merapi siap meledak ke mulut para pecinta bakso ekstra pedas.

Baca Juga: KULINER KLATEN : Duri Nila, Kuliner Ponggok yang Layak Dicoba

Saat dibelah, di balik tumpeng akan muncul bakso berukuran kecil alias bakso kerikil. Bakso ini mirip dengan bakso beranak pada umumnya. Selain bakso berukuran kecil, terdapat isian sosis, dan lainnya.

Rina menceritakan ide awal membikin bakso tumpeng merapi ini karena ada request dari para pecinta bakso dengan rasa pedas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya