SOLOPOS.COM - Ilustrasi bakso Wonogiri. (Pictagram)

Solopos.com, WONOGIRI — Olahan kuliner berupa bakso asal Wonogiri, Jawa Tengah, sudah sangat terkenal dan legendaris. Orang-orang dari daerah tersebut bahkan berjualan bakso hingga ke tanah perantauan.

Salah satu bakso legendaris dari Wonogiri adalah Titoti. Dikutip Solopos.com, Selasa (12/7/2022) dari artikel jurnal berjudul Analisis Sikap Konsumen dalam Mempengaruhi Perilaku Konsumen Pada Restoran Bakso Titoti di Wonogiri oleh M. Windyarsita, A. Suyatno, dan N. Sumaryani tahun 2021, bakso legend di Wonogiri ini kali pertama buka pada tahun 1980-an.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manager Cabang Bakso Titoti, Ali, mengatakan penamaan Titoti berasal dari huruf akhir ketiga nama anak pemiliknya.

Ada dua outlet Bakso Titoti di cabang Wonogiri. Masing-masing beralamat di Jalan Sudirman, Sukorejo, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, dan Jalan Raya Wonogiri-Ponorogo, Brubuh, Desa Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo.

Merek dagang bakso ini juga memiliki 18 cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Salah satu ulasan local guide yang diunggah Yuliya Untari sebulan lalu, Selasa (12/07/2022) mengungkapkan bahwa menu bakso serta teh yang disajikan di Bakso Titoti ini rasanya enak.

Baca juga : Ternyata Begini Sejarah Penamaan Bakso Titoti Wonogiri

Sebagaimana yang diberitakan Solopos.com, 4 Desember 2019, bakso Wonogiri yang legend konon berasal dari Kecamatan Girimarto.

Bakso Wonogiri terkenal lantaran penduduk lokal yang merantau ke kota. Kebanyakan dari mereka mengadu nasib di perantauan dengan berdagang bakso.

Bakso Wonogiri memiliki ciri khas berkuah bening lantaran dibuat dari air rebusan tulang sapi. Tekstur bakso Wonogiri juga sangat lembut dan kenyal lantaran campuran daging sapi dan tepung dengan takaran khusus yang digiling halus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya