SOLOPOS.COM - Salah satu kuliner pedas di Boyolali yakni Bakso Sera. (Istimewa/@baksosera_simo).

Solopos.com, BOYOLALI – Wisatawan maupun warga asli Kota Susu tak perlu khawatir soal jelajah kuliner pedas di Boyolali. Banyak warung makan yang khusus menyediakan makanan dengan tingkat kepedasan yang cukup tinggi.

Berikut lima kuliner pedas di Boyolali yang perlu dicoba para pencintan kuliner.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. Sambal Tumpang Mbok Kromo

Sambal Tumpang Mbok Kromo berlokasi di kompleks warung makan Murah di Jalan Raya Ampel, Boyolali, Bulusari, Ampel, Boyolali. Jika dilihat dari depan, tempat makan ini seperti rumah biasa.

Tapi, salah satu kuliner pedas di Boyolali ini menjual menu tumpang dengan tingkat kepedasan yang tidak biasa.

Baca juga: Rica-Rica Pedas Mbok Usrek Boyolali, Kuliner Legendaris Harga Mahasiswa

Tingkat kepedasan Sambal Tumpang Mbok Kromo dikenal super pedas.  Selain terkenal pedas, porsinya pun bisa dibilang super banyak. Harga sambal tumpang tanpa nasi seporsi hanya Rp5.000.

Sambal Tumpang Mbok Kromo buka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap harinya.

2. Siomai Usus Bu Tini

Kuliner pedas di Boyolali lainnya yakni Siomai Usus Bu Tini berlokasi di Dukuh Karangbulu, Desa Mudal, Kabupaten Boyolali. Siomay Usus Bu Tini merupakan siomay usus rumahan yang sambelnya bisa dibilang super pedas.

Siomai-nya spesial adalah pendampingnya, yaitu usus. Terdapat usus basah dan juga usus kering.

Baca juga: KULINER SRAGEN: Mi Ayam Iblis Diracik dengan 100 Cabai

Perpaduan siomai, tahu, usus basah, dan usus kering dicampur dengan saus yang super pedas bakal bikin pengunjung ketagihan.

Siomai Bu Tini buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Tempat ini juga sudah membuka cabang di daerah lain, yaitu Kecamatan Cepogo, Boyolali tepatnya di depan SD Negeri 1 Cepogo.

3. Warung Makan Rica-rica Ayam Mbok Usreg

Kuliner pedas di Boyolali selnajutnya yakni warung makan Rica-rica Mbok Usreg beralamat di Dukuh Kelipan, Desa Gagaksipat, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

Rica Mbok Usreg ini merupakan rica-rica ayam yang bisa dikatakan super pedas. Tingkat kepedasan bisa ditentukan sendiri, bisa pedas biasa atau super pedas dengan tambahan ekstra sambal.

Baca juga: Termasuk Indonesia, Penduduk 5 Negara Ini Paling Doyan Makanan Pedas

Harga cukup terjangkau, yaitu Rp5.000 untuk porsi biasa dan Rp8.000 untuk porsi jumbo.

4. Sego Trondol Mbok Kamsinah

Lokasinya berada di Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Salah satu keunikan kuliner rumahan ini adalah hanya buka saat malam hari. Mulai dari pukul 20.30 WIB hingga pukul 01.00 WIB.

Namun, walaupun dibuka tengah malam, antrean kuliner pedas di Boyolali ini tidak pernah sepi pengunjung. Pengunjung butuh perjuangan dan kesabaran untuk mendapatkan makanan.

Selain itu, keunikan lainnya ada pada tempat makan yang langsung berada di dapur. Masih dimasak di dapur menggunakan api kayu, sehingga pelanggan dapat juga merasakan kenikmatan dan kehangatan perapian api kayu.

Baca juga: Walah! Belanja Susu dan Telur Wong Boyolali Hanya Rp30.452/Bulan

Makanan sederhana ini hanya terdiri dari nasi, ikan bandeng, sambel, mi goreng. Namun antriannya cukup padat, satu orang bisa membungkus sebanyak 40 porsi.

5. Bakso Sera

Kuliner pedas di Boyolali lainnya yakni Bakso Sera. Lokasinya berada di Kedunglengkok, Simo, Boyolali. Tempat ini sempat viral dan pernah didatangi oleh Youtuber food vlogger Farida Nurhan.

Tempat ini menyediakan bakso dengan tingkat kepedasan yang tinggi dan ukuran yang jumbo. Berbagai menu bakso, ada bakso beranak, bakso lava, bakso rusuk hot, bakso klenger level, dan masih banyak lagi.

Harga Bakso Sera termurah mulai dari Rp7.000 dan termahal mencapai Rp200.000. Mulai dari bentuk yang standar, hingga pada bentuk yang langka-langka.



Baca juga: Huh.. Hah.. Inilah 5 Kuliner Ekstra Pedas di Sragen yang Layak Dicoba

Kuliner pedas di Boyolali berupa Bakso sera ini laris manis hingga membuka dua cabang lain, yaitu cabang Sambi dan cabang Cepogo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya