top ear
Ilustrasi virus corona atau Covid-19 (Freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi virus corona atau Covid-19 (Freepik)

Baki Masuk Zona Merah Corona Sukoharjo, Ini Penjelasan Camat

Dinkes beserta pemerintah kecamatan juga melakukan contact tracing terkait dua pasien positif asal Baki yang tinggal di zona merah corona Sukoharjo.
Diterbitkan Jumat, 10/04/2020 - 16:59 WIB
oleh Solopos.com/Danang Nur Ihsan
2 menit baca

Solopos.com, SUKOHARJO -- Kecamatan Baki, Sukoharjo masuk dalam zona merah corona atau Covid-19 karena terdapat dua warga yang positif corona.

Selain Baki, zona merah corona Sukoharjo adalah Grogol dan Kartasura. Di dua kecamatan itu, masing-masing ada dua warga yang positif corona.

Camat Baki Roni Wicaksono saat ditemui Solopos.com di Baki, Jumat (10/4/2020), menyatakan setelah menerima data mengenai dua warga Baki positif Corona pihak kecamatan dan desa langsung melakukan penelusuran.

Update Corona Indonesia 10 April: 219 Kasus Baru Total Jadi 3.512, Jateng O Tambahan

Diketahui dua warga positif corona di Baki berasal dari Desa Purbayan.

”Begitu ada informasi mengenai dua warga kami yang positif, kami langsung melakukan penelusuran dan akhirnya kami ketahui dua warga itu yang kini dirawat di RS di Solo,” jelas Roni.

Setelah ada kepastian mengenai dua warga Baki positif corona, Dinas Kesehatan Sukoharjo, BPBD, pemerintah kecamatan dan desa langsung mendatangi daerah tempat tinggal pasien positif tersebut pada Jumat.

Sempat Pakai Jas Hujan, Puskesmas Ampel Boyolali Terima Bantuan APD

Mereka melakukan penyemprotan disinfektan, sosialisasi dan edukasi kepada warga sekitar. Selain itu, Dinkes juga melakukan contact tracing terkait dua pasien positif itu.

”Kejadian ini langsung kami tindak lanjuti dengan penyemprotan disinfektan sekaligus edukasi kepada warga terdekat. Masyarakat tidak perlu panik, namun tetap waspada juga,” kata Roni.

Satgas Covid-19 di Desa

Dia menyatakan di tiap desa di Kecamatan Baki sudah ada Satgas Covid-19. Mereka akan bertugas untuk memantau dan menindaklanjuti setiap informasi mengenai corona.

Informasi yang dihimpun Solopos.com menyebutkan salah satu pasien positif corona asal Baki dirawat di RS Kasih Ibu Solo. Pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta.

Pada akhir Maret pasien tersebut kembali ke Sukoharjo. Hanya sehari berselang, pasien masuk rumah sakit karena ada keluhan demam dan batuk.

Update Covid-19 Sukoharjo: Tambah 4, Pasien Terkonfirmasi Positif Melonjak Jadi 6 Orang

Sedangkan satu pasien positif lainnya diketahui dirawat di RSUD Dr. Moewardi Solo. Diketahui pasien ini memiliki penyakit penyerta sehingga membutuhkan perawatan intensif.

Seperti diketahui, dua kecamatan di Sukoharjo yakni Kartasura dan Baki menambah luas zona merah corona Sukoharjo.

Dua kecamatan itu dimasukkan zona merah corona Sukoharjo setelah masing-masing ada dua pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Dengan demikian, saat ini ada tiga dari total 12 kecamatan di Sukoharjo masuk zona merah. Selain Kartasura dan Baki, Grogol juga sudah lebih dulu masuk zona merah persebaran pandemi Corona di Sukoharjo.

DPRD Sukoharjo Pangkas Anggaran Perdin Rp2,3 M Untuk Atasi Corona

Tambahan empat pasien positif corona dari dua kecamatan itu membuat jumlah total pasien terkonfirmasi positif di Sukoharjo melonjak menjadi enam orang.

Editor : Profile Danang Nur Ihsan
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

Properti Solo & Jogja


berita terkait