SOLOPOS.COM - Dua calon Kepala Desa Keloran, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, menunjukkan nomor urut yang didapat untuk digunakan dalam pencoblosan Pemilihan Kepala Desa, Jumat (11/11/2022). (Istimewa/Pemdes Keloran)

Solopos.com, WONOGIRI — Tahapan verifikasi berkas pendaftaran di pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 15 desa di Kabupaten Wonogiri tahun 2022 telah selesai. Masing-masing pendaftar yang lolos seleksi administrasi resmi ditetapkan sebagai calon kepala desa (cakades) dan mendapat nomor urut yang diundi masing-masing panitia pilkades, Jumat (11/11/2022).

Informasi yang dihimpun Solopos.com, agenda penetapan dan pengundian nomor urut cakades berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Hal itu termasuk di Desa Keloran, Kecamatan Selogiri. Dua balon kades Keloran yang mendaftar lolos administrasi dan telah ditetapkan sebagai cakades.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Keduanya juga telah mendapat nomor urut. Dua orang yang ditetapkan sebagai cakades Keloran itu, yakni Sumaryanto asal Dusun Kalipuru dan Triyatno asal Dusun Melikan. Sumaryanto berstatus cakades petahana sedangkan Triyatno menjabat sebagai bendahara besa.

Ekspedisi Mudik 2024

Lantaran berstatus petahana, peran Sumaryanto sebagai kades untuk sementara diganti Agus Setiawan. Sehari-harinya, Agus Setiawan dikenal sebagai sekretaris desa (sekdes) di Keloran.

“Setelah resmi ditetapkan sebagai cakades, status Pak Sumaryanto cuti dan saya resmi menggantikannya untuk sementara, mulai hari ini [Jumat] sampai 30 Desember 2022,” kata Agus Setiawan, kepada Solopos.com, Jumat.

Baca Juga: Petahana Tak Maju Lagi, Wajah Baru Bermunculan di Pilkades Tawangrejo Wonogiri

Kepala Bidang (Kabid) Pemdes Dinas PMD Wonogiri, Zyqma Idatya Fitha, mengatakan seluruh proses penetapan dan pengundian nomor urut turut dipantau Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Wonogiri. Pemantauan di 15 desa yang menyelenggarakan pilkades kal ini dibagi menjadi enam tim.

Setiap tim dijatah memonitoring dua hingga tiga desa. Tugas mereka mengawasi proses penetapan dan nomor urut yang didapat masing-masing cakades sesuai peraturan.

Fitha, sapaan akrabnya, bertugas memantau jalannya penetapan cakades di Desa Tawangrejo (Kecamatan Jatipurno) dan Tambakmerang (Kecamatan Girimarto). Masing-masing desa itu memiliki lima calon dan dua calon yang sudah ditetapkan. Ia juga menyebut tak ada perbedaan orang maupun jumlah cakades sejak proses pendaftaran.

Baca Juga: Pilkades Serentak di Wonogiri, Polisi Petakan Desa Rawan Konflik

“Semua bakal calon [balon] kades lolos administrasi berkas. Tidak ada yang gugur dan semua pendaftar sudah ditetapkan pagi tadi,” katanya kepada Solopos.com, Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya