SOLOPOS.COM - Pengendara motor melintas di Jembatan Jurug A yang usianya paling tua di antara tiga jembatan di Jurug, Jebres, Solo, Senin (19/9/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLOJembatan Jurug A di Sungai Bengawan Solo direncanakan dibuka untuk lalu lintas kendaraan roda dua. Jembatan tertua di Jurug itu saat ini tengah diuji oleh konsultan yang ditunjuk oleh PT Bukaka selaku kontaktor penggantian Jembatan Jurug B.

Seperti diketahui, Jembatan Jurug A ditutup mengingat konstruksinya yang sudah tua dan dikhawatirkan membahayakan bagi pengguna jalan. Jembatan Jurug A akan dikonservasi mengingat statusnya sebagai cagar budaya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kontraktor membuka kemungkinan Jembatan Jurug A bisa dimanfaatkan untuk lalu lintas kendaraan roda dua. Jembatan Jurug A sedang diuji oleh konsultan yang ditunjuk PT Bukaka yang meliputi pengujian statis dan dinamis.

Pengujian ini untuk mencari tahu kekuatan struktur Jembatan Jurug A Solo. Menurut General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi, pengujian dilakukan dengan harapan untuk bisa segera dioperasikan untuk kendaraan roda dua. 

“Saat ini sedang dilakukan proses pengujian statis dan dinamis oleh konsultan di Jembatan Jurug A. Pengujian yang dilakukan adalah uji coba statis dan dinamis. Nanti kita lihat kemampuan struktur Jembatan Jurug A seperti apa agar bisa dilewati kendaraan roda dua,” jelasnya saat diwawancarai Solopos.com, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Jurug Solo Macet Lagi, Antrean Kendaraan Capai 1,2 Km hingga Koramil Jebres

Bambang menilai Jembatan Jurug A masih bisa dilewati kendaraan roda dua. Namun perlu perbaikan terutama di lantai jembatan yang banyak berlubang. Selain itu, diperlukan izin instansi terkait sebelum Jembatan Jurug A bisa dilewati.

Perbaikan Lantai Jembatan Jurug A

“Kalau nanti uji coba sudah ada hasilnya, bisa kita lihat kekuatan strukturnya seperti apa, nanti akan diperbaiki lantainya dulu supaya tidak berlubang, baru nanti kami mintakan izin supaya Jembatan Jurug A bisa dilewati roda dua,” ujarnya.

Mengenai kapan Jembatan Jurug A bisa dilewati, Bambang menyebut diharapkan secepatnya jika sudah mendapatkan hasil dari uji coba tersebut. “Untuk kapan bisa dilewati nanti kita tunggu hasilnya seperti apa uji cobanya hasilnya apa dan langsung kami mintakan izin,” ungkapnya.

Baca Juga: Dibom Berulang Kali, Jembatan Jurug A Peninggalan PB X Tak Hancur

Sebagai informasi, Jembatan Jurug A sudah ditutup pada Selasa (20/9/2022) malam pukul 20.45 WIB. Jembatan ini sempat ramai dilalui pengendara roda dua saat awal Jembatan Jurug B ditutup.

Kontraktor lalu menutup Jembatan Jurug A karena khawatir strukturnya tidak akan kuat menahan beban yang berat. Saat ini satu-satunya jembatan di kawasan Jurug yang masih digunakan adalah Jembatan Jurug C. Jembatan ini dilewati baik dari arah Karanganyar menuju arah Solo maupun sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya