SOLOPOS.COM - Penghuni Griya PMI Peduli Solo menari di acara penutup fashion show bersama dengan para pendampingnya, Senin (15/8/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Keramaian tampak di salah satu bangunan yang digunakan untuk Griya PMI Peduli di Jl Sumbing Raya, Mojosongo, Jebres, Solo, Senin (15/8/2022). Suara musik bergema dari bangunan tersebut sekitar pukul 09.00 WIB.

Riuh rendah suara orang bersaing dengan suara musik. Pagi itu para penghuni Griya PMI Peduli yang mayoritas orang dengan ganggguan jiwa atau ODGJ mengadakan acara menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI dengan caranya sendiri, yakni fashion show.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Para ODGJ itu dengan penuh semangat mengikuti acara itu. Dengan sedikit kaku mereka dibantu para perawat atau pendamping. Mereka berlenggak lenggok seperti model yang sedang memeragakan busana di karpet merah.

Acara tidak berakhir di situ, para warga Griya PMI Peduli Solo kemudian menari tepat satu jam setelah fashion show berlangsung. Mereka menari lepas dengan gaya yang berbeda-beda. Namun mereka tetap kompak mengikuti irama lagu yang diputar.

Setelahnya mereka kembali ke kamar masing-masing. Menurut Wakil Direktur Akbara (Akademi Teknologi Bank Darah Surakarta), Agus Setyo Utomo, Akbara mengadakan acara itu untuk memperkenalkan HUT ke-77 RI pada mereka ODGJ.

Baca Juga: Bergaya Bak Model, Begini Aksi ODGJ Griya PMI Solo saat Peragaan Busana

Sebanyak 35 ODGJ, selain mengikuti fashion dan menari, juga mengikuti lomba melipat baju dan baris berbaris sebagai bagian dari acara. “Kami dari Kampus Akbara menyelenggarakan kegiatan ini dengan tujuan agar teman-teman ODGJ di sini bisa lebih mengenal HUT ke-77 RI, sekaligus untuk melatih saraf-saraf motorik dari mereka,” ucapnya.

Sementara itu, anggota staf medis Griya PMI Peduli Solo, Mujtahid, mengatakan acara ini juga bertujuan memperbaiki kesehatan mental dari para ODGJ. Menurut Mujtahid, mereka sangat senang bertemu orang baru.

“Kami senang buat warga juga berinteraksi dengan warga luar Griya PMI. Kalau mereka ketemu orang-orang baru perasaannya akan bagus,” ucap Mujtahid.

Baca Juga: Ganti yang Rusak, Griya PMI Solo Dapat Bantuan 120 Matras dari Kemensos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya