Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Bahaya Yang Mengintai Jika Pakai Sandal Jepit Saat Naik Sepeda Motor

Meski praktis, pakai sandal jepit saat naik sepeda motor malah akan mendatangkan berbagai risiko untuk Anda.
SHARE
Bahaya Yang Mengintai Jika Pakai Sandal Jepit Saat Naik Sepeda Motor
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pakai sandal jepit saat naik sepeda motor. (Wahanahonda.com)

Solopos.com, SOLO — Sandal jepit lagi jadi pembicaraan, setelah Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi mengatakan pengendara sepeda motor jangan memakai sandal jepit saat naik sepeda motor.

Hal itu disampaikan Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi saat apel Operasi Patuh Jaya 2022 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/6/2022).

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

“Tidak ada perlindungan pakai sandal jepit. Karena kalau sudah pakai motor, kulit bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin, ada kecepatan. Makin cepat, makin tidak terlindungi kita itulah fatalitas,” jelasnya dikutip dari Antara.

Menggunakan sandal jepit saat naik sepeda motor memang dirasa praktis apalagi saat turun hujan, tidak perlu melepas sepatu.

Ada juga yang menganggap karena karena naik motor sekadar beli keperluan tak jauh dari rumah, cukup pakai sandal jepit lebih praktis dan santai.

Baca juga: Awas! Jangan Campur Angin Nitrogen Dengan Angin Biasa, Bahaya

Meski praktis, pemakaian sandal jepit saat naik sepeda motor malah akan mendatangkan berbagai risiko untuk Anda.

Lantas apa saja bahaya yang mengintai pengendara jika pakai sandal jepit saat naik sepeda motor. Berikut bahayanya dikutip Solopos.com dari laman Federaloil dan Wahanahonda.

1. Luka bakar

Apabila menggunakan sandal jepit, kaki berisiko mengalami luka bakar akibat tak sengaja menyentuh knalpot maupun blok mesin yang panas. Apalagi jika naik motor sport.

2. Risiko tergores.

Pakai sandal jepit saat naik sepeda motor, kaki pengendara berisiko mengalami luka gores. Goresan ini bisa muncul akibat terkena kerikil ‘terbang’.

Baca juga: Naik Motor Dilarang Pakai Sandal Jepit, Kena Tilang?

Bisa juga kaki tergores karena benda-benda tajam yang ada di jalanan ketika naik motor. Misalnya saja ranting tanaman, maupun bagian kasar dari trotoar.

3. Bahaya cedera.

Jika pakai sandal jepit saat naik sepeda motor bahaya yang mengintai lainnya adalah kaki cedera akibat tersenggol kendaraan-kendaraan lain di sekitar Anda.

Sepatu adalah alas kaki yang ideal bagi pengendara motor, karena dapat membungkus kaki dengan sempurna dan melindungi dari bahaya.

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode