SOLOPOS.COM - Ilustrasi pakai sandal jepit saat naik sepeda motor. (Wahanahonda.com)

Solopos.com, SOLO — Sandal jepit lagi jadi pembicaraan, setelah Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi mengatakan pengendara sepeda motor jangan memakai sandal jepit saat naik sepeda motor.

Hal itu disampaikan Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi saat apel Operasi Patuh Jaya 2022 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tidak ada perlindungan pakai sandal jepit. Karena kalau sudah pakai motor, kulit bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin, ada kecepatan. Makin cepat, makin tidak terlindungi kita itulah fatalitas,” jelasnya dikutip dari Antara.

Menggunakan sandal jepit saat naik sepeda motor memang dirasa praktis apalagi saat turun hujan, tidak perlu melepas sepatu.

Ekspedisi Mudik 2024

Ada juga yang menganggap karena karena naik motor sekadar beli keperluan tak jauh dari rumah, cukup pakai sandal jepit lebih praktis dan santai.

Baca juga: Awas! Jangan Campur Angin Nitrogen Dengan Angin Biasa, Bahaya

Meski praktis, pemakaian sandal jepit saat naik sepeda motor malah akan mendatangkan berbagai risiko untuk Anda.

Lantas apa saja bahaya yang mengintai pengendara jika pakai sandal jepit saat naik sepeda motor. Berikut bahayanya dikutip Solopos.com dari laman Federaloil dan Wahanahonda.

1. Luka bakar

Apabila menggunakan sandal jepit, kaki berisiko mengalami luka bakar akibat tak sengaja menyentuh knalpot maupun blok mesin yang panas. Apalagi jika naik motor sport.

2. Risiko tergores.

Pakai sandal jepit saat naik sepeda motor, kaki pengendara berisiko mengalami luka gores. Goresan ini bisa muncul akibat terkena kerikil ‘terbang’.

Baca juga: Naik Motor Dilarang Pakai Sandal Jepit, Kena Tilang?

Bisa juga kaki tergores karena benda-benda tajam yang ada di jalanan ketika naik motor. Misalnya saja ranting tanaman, maupun bagian kasar dari trotoar.

3. Bahaya cedera.

Jika pakai sandal jepit saat naik sepeda motor bahaya yang mengintai lainnya adalah kaki cedera akibat tersenggol kendaraan-kendaraan lain di sekitar Anda.

Sepatu adalah alas kaki yang ideal bagi pengendara motor, karena dapat membungkus kaki dengan sempurna dan melindungi dari bahaya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya