BAHAYA SMARTPHONE : Awas, Gadget Bisa Sebabkan Jerawat & Insomnia

SHARE
BAHAYA SMARTPHONE : Awas, Gadget Bisa Sebabkan Jerawat & Insomnia
SOLOPOS.COM - Ilustrasi menggunakan smartphone (Sparkyhub.com)
Pengguna smartphone (JIBI/Solopos/Sparkyhub.com)

Pengguna smartphone (JIBI/Solopos/Sparkyhub.com)

Solopos.com, SOLO — Hampir sepertiga jumlah penduduk di dunia sudah memiliki smartphone. Mereka rata-rata menggunakannya 150 kali sehari. Tetapi, tahukah Anda, bahwa gadget kesayangan Anda bisa mengganggu kesehatan? Seperti dilansir dari Dailymail.co.uk, berikut adalah beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan smartphone :

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

1. Kerusakan pada mata
Terlalu lama fokus pada benda yang kecil dapat menyebabkan mata kering, yang dapat menyebabkan peradangan dan infeksi pada mata. Lebih mengkhawatirkan lagi, ponsel bisa mempengaruhi penglihatan anak-anak dalam jangka panjang. Menurut konsultan penyakit mata dan dokter ahli bedah di Luton & Dunstable University Hospital, Mr Allon Barsam, mengatakan ada kemungkinan bahwa anak-anak yang menatap layar sepanjang hari bisa menjadi rabun saat mereka tumbuh dewasa. Untuk mengurangi risiko tersebut, Anda perlu memperbesar ukuran teks pada smartphone Anda. Selain itu, untuk menghindari silau dari cahaya ponsela Anda, gunakan ponsel Anda pada ruangan yang terang dan tidak menggunakannya lebih dari 15 menit pada suatu waktu.

2. Penekanan pada tulang belakang
Gadget kesayangan ternyata dapat mengubah postur tubuh. Hal ini dijelaskan oleh seorang fisioterapis, Kristen Lord, bahwa tubuh kita adalah produk dari apa yang kita lakukan setiap hari. Anda akan lebih sering membungkukkan badan Anda ketika Anda melihat sesuatu pada layar ponsel atau tablet. Posisi ini akan meremukkan bagian atas tulang belakang dan saraf pada kepala Anda. Keadaan ini menyebabkan sakit kepala, perasaan lelah, dan kaku. Maka, cobalah untuk memegang ponsel Anda di depan Anda agar Anda tidak selalu harus membungkuk saat menggunakannya.

3. Mengendorkan Rahang
Terlalu sering melihat ke bawah saat menggunakan ponsel Anda dapat menyebabkan rahang Anda menjadi kendor. Hal ini, sangat dihkawatirkan terutama oleh kaum hawa. Maka, cobalah untuk memegang ponsel Anda di depan Anda, bukan di bawah permukaan dada agar Anda tidak selalu membungkuk dan melihat ke bawah.

4. Menyebabkan Jerawat
Ponsel Anda ternyata dapat menyebabkan jerawat dan ruam keringat. Sebuah penelitian pada 30 sampel ponsel menemukan bahwa ponsel memiliki kuman berbahaya di atasnya 18 kali lebih banyak dari pegangan siraman air di toilet pria. Maka, hindari menempelkan ponsel Anda pada kulit wajah Anda dengan menggunakan hands-free kit. Selain itu, rajinlah membershkan layar smartphone Anda dengan larutan garam.

Ekspedisi Energi 2022

5. Merusak pendengaran
Mendengarkan musik melalui smartphone  dapat menyebabkan gangguan pendengaran, maka pastikan volume suara pada smartphone Anda berada pada tingkat yang paling rendah, dan jangan terlalu sering menggunakannya.

6. Sulit tidur
Komputer, laptop, tablet, dan ponsel Anda cenderung mengeluarkan cahaya biru yang diduga mengganggu hormon alami manusia untuk tidur. Maka, sebaiknya redupkan kecerahan layar ponsel Anda untuk mengurangi resiko sulit tidur, Sebaiknya, pada malam hari letakkan smartphone Anda di luar kamar demi kesehatan Anda.

7. Merusak hubungan.
Seringkali Anda berpikir bahwa smartphone Anda memfasilitasi komunikasi Anda menjadi lebih baik, namun menurut seorang psikolog di University of Bedfordshiren, Dr. Emma Short, teknologi dapat membuat Anda sulit untuk mengelola batas-batas dalam kehidupan Anda. Semakin sering Anda terlibat dengan aktivitas di jejaring sosial, seperti Twitter dan Facebook, semakin berkurang pula waktu berkualitas yang Anda berikan pada teman, kekasih, keluarga, dan rekan kerja Anda. Maka, Anda perlu membatasi penggunaan smartphone pada waktu-waktu tertentu, seperti saat makan dan berkumpul dengan keluarga, agar hubungan Anda tetap terjaga.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago