SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang minum es. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Meminum minuman dingin atau air es saat buka puasa Ramadan memang sangat segar. Namun, langsung minum air es saat buka puasa bisa memicu bahaya bagi kesehatan kita.

Sebenarnya, meminum air es yang menyegarkan untuk berbuka puasa tidak dilarang 100%. Namun, disarankan agar konsumsi air dingin di waktu buka puasa tidak berlebihan.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Baca Juga: Hukum Bagi Orang Puasa Tapi Tidak Salat

Dikutip dari laman resmi Ruma Sakit JIH Solo, bahaya yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan itu mulai dari sakit tenggorokan hingga sakit jantung.

Berikut bahaya dan risiko minum air es saat buka puasa bagi kesehatan:

1. Sakit Tenggorokan

Mengonsumsi air dingin saat berbuka puasa dalam kondisi perut kosong dan dilakukan secara rutin dapat mengakibatkan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Air dingin yang sering dikonsumsi dapat menghasilkan penumpukan lendir berlebih di saluran pernapasan.

Baca Juga: Deretan Takjil Buka Puasa Kekinian di Soloraya, Mana Favoritmu?

2. Sakit Kepala

Menurut hasil penelitian dari University Hospital, Uppsala, Swedia, air es atau air dingin dapat mengakibatkan sakit kepala seperti migrain. Bahkan ketika kita makan atau minum yang terlalu dingin akan menyebabkan kepala dan otak kita terasa membeku atau yang biasa disebut dengan brain freeze.

3. Detak Jantung Lemah

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahaya minum es saat buka puasa juga berperan dalam menurunkan detak jantung. Suhu air yang rendah menstimulasi saraf untuk menyebabkan detak jantung turun. Oleh karena itu, tidak dianjurkan mengonsumsi air es atau minuman terlalu dingin saat buka puasa atau ketika tubuh dalam kondisi lemah.

Baca Juga: Begini Tips Turunkan Rasa Lapar hingga Lesu Saat Puasa Ramadan

4. Gangguan Pencernaan

Ternyata, air putih dingin dan minuman dingin lainnya bisa membuat pembuluh darah kencang, sehingga menghambat pencernaan. Organ pencernaan butuh energi ekstra untuk mengatur suhu yang digunakan dalam proses pencernaan dan menyerap nutrisi.

5. Menghambat Makanan ke Perut

Sebuah penelitian dari Southern Medical University, Guangzhou, China, menyebutkan bahwa mengonsumsi air dingin dalam keadaan perut kosong dapat menimbulkan akalasia. Akalasia yaitu suatu kondisi yang membatasi kemampuan tubuh untuk melewati makanan melalui kerongkongan dan melewati perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya