SOLOPOS.COM - ilustrasi anak terjebak di dalam mobil (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Pemilik mobil yang mempunyai anak kecil terkadang menggangap sepele meninggalkan anak sendiri dalam mobil, karena berpikir hanya sebentar.

Namun perlu diketahui langkah seperti ini justru bisa membahayakan anak tersebut, karena bisa terjadi hal yang tidak diinginkan.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Karena bagaimanapun anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah dari orang dewasa. Selain itu anak yang masih balita, rata-rata belum mengerti bagaimana cara meminta pertolongan.

Mungkin Anda pernah mendengar peristiwa di Ameriksa Serikat, seorang anak berusia 8 bulan meninggal dunia karena kepanasan dalam mobil karena ditinggal sendirian oleh orang tuanya.

Dikutip dari laman Daihatsu, ada sejumlah bahaya mengancam jika Anda meninggalkan anak kecil terutama anak balita sendirian di dalam mobil.

Baca juga: Mobil Paling Tidak Laku di Indonesia Selama 2021, Apa Saja

1. Anak terkunci di dalam mobil

Bisa saja orang tua lupa meninggalkan kunci di dalam mobil, sehingga ketika anak kecil sendirian mengambil kunci dan tidak sengaja menguncinya. Jika punya kunci cadangan tidak masalah. Tapi jika tidak ada, bahaya dikhawatirkan mengancam nyawa sang anak.

2. Terkena heat stroke

Heat stroke merupakan kondisi di mana seseorang merasakan kepanasan ketika berada disuatu ruangan. jika anak kecil ditinggalkan sendirian di mobil dalam keadaan mesin dimatikan, serangan heat stroke sangat rentan terjadi.

3. Keracunan gas karbon monoksida

Biasanya para orang tua akan menyalakan AC agar anak yang ditinggalkan tidak kepanasan. Namun, anak kecil bisa keracunan gas karbon monoksida akibat sistem pembuangan mobil yang tidak berfungsi dengan baik.

4. Terjadi tindakan kriminal

Kaca mobil yang transparan membuat orang berkesempatan melakukan tindakan kriminal, apalagi jika yang dilihatnya adalah anak sendirian di dalam mobil.

Karena anak-anak mudah tergoda dengan barang yang ditawarkan, seperti permen atau mainan, sehingga anak kecil bisa saja tergoda dan membukakan pintu mobil.

Baca juga: Cara Lengkap Menggunakan MyPertamina Untuk Beli BBM

5. Memainkan perangkat mobil

Rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga ketika anak kecil ditinggal sendirian di mobil, kemungkinan hal-hal diluar dugaan terjadi, seperti menjalankan mobil, terjepit jendela, dan lain-lain.

6. Pencurian mobil

Ketika pencuri melihat ada anak kecil sendirian di dalam mobil, akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mencuri mobil. Bahkan bisa saja anak tersebut diculik untuk minta jaminan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya