Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Bahaya Isi Bensin Mesin Masih Menyala, Bisa Picu Kebakaran

SPBU menerapkan aturan ketika mengisi bensin mesin kendaraan harus dalam kondisi mati. Karena ada bahaya isi bensin mesin menyala.
SHARE
Bahaya Isi Bensin Mesin Masih Menyala, Bisa Picu Kebakaran
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengisian bahan bakar minyak (BBM) pada mobil. (honda-indonesia.com)

Solopos.com, SOLO — Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) menerapkan aturan ketika mengisi bensin mesin kendaraan harus dalam kondisi mati. Karena ada bahaya isi bensin mesin menyala.

Standard of Procedure (SOP) yang diterapkan pihak SPBU yakni mematikan mesin kendaraan saat pengisian bensin lebih kepada mengutamakan keselamatan bersama.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Memang ketika mesin di matikan otomatis udara di kabin akan terpengaruh karena AC mobil tidak menyala dan ini bakal menggangu kenyamanan.

Namun bagi yang mengerti, tidak masalah mematikan mesin ketika mengisi bensin di SPBU, karena hal itu tidak berlangsung lama, yakni hanya saat proses pengisian.

Bagi yang belum mengerti ada baiknya mencari tahu bahaya isi bensin mesin menyala. Karena ini menyangkut keamanan pemilik mobil, SPBU dan pengendara lainnya.

Baca juga: Kapan Mobil Harus Ganti Oli Biar Performa Mesin Tetap Oke

Dikutip dari Auto2000.co.id dan Otodriver.com, aturan mengenai mematikan mesin kendaraan saat mengisi bensin tidak berlebihan.

Karena jika tahu bahaya isi bensin mesin menyala, Anda tidak akan mengulanginya lagi. Karena dalam proses pengisian bensin ada BBM yang berpindah ke tangki mobil.

Saat pengisian ada uap BBM, oksigen dan sumber api. Dalam hal ini sumber api berasal dari panas mesin mobil. Jadi jika mesin masih menyala risiko kebakaran cukup besar.

Penjelasannya ketika mesin mobil menyala, unsur terbentuknya api cukup besar, kemudian ada uap bensin, ditambah oksigen.

Baca juga: Nikita Mirzani dan Koleksi Empat Motornya, Apa Aja Ya

Jadi bahaya isi bensin mesin menyala, adalah timbulnya percikan api dari mesin yang mengenai uap bensin saat proses perpindahan BBM ke tangki mobil.

Selain itu ketika ada kabel kelistrikan yang cacat, ketika mesin kendaraan menyala kemungkinan munculnya listrik statis yang menimbulkan api cukup besar.

Demikian jika busi atau pengapian mesin kendaraan bermasalah, ketika mesin menyala kemungkina kebakaran juga bisa terjadi. Jika sudah tahu, mulai sekarang matikan mesin saat mengisi bensin ya.

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode