SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengisian bahan bakar minyak (BBM) pada mobil. (honda-indonesia.com)

Solopos.com, SOLO — Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) menerapkan aturan ketika mengisi bensin mesin kendaraan harus dalam kondisi mati. Karena ada bahaya isi bensin mesin menyala.

Standard of Procedure (SOP) yang diterapkan pihak SPBU yakni mematikan mesin kendaraan saat pengisian bensin lebih kepada mengutamakan keselamatan bersama.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Memang ketika mesin di matikan otomatis udara di kabin akan terpengaruh karena AC mobil tidak menyala dan ini bakal menggangu kenyamanan.

Namun bagi yang mengerti, tidak masalah mematikan mesin ketika mengisi bensin di SPBU, karena hal itu tidak berlangsung lama, yakni hanya saat proses pengisian.

Bagi yang belum mengerti ada baiknya mencari tahu bahaya isi bensin mesin menyala. Karena ini menyangkut keamanan pemilik mobil, SPBU dan pengendara lainnya.

Baca juga: Kapan Mobil Harus Ganti Oli Biar Performa Mesin Tetap Oke

Dikutip dari Auto2000.co.id dan Otodriver.com, aturan mengenai mematikan mesin kendaraan saat mengisi bensin tidak berlebihan.

Karena jika tahu bahaya isi bensin mesin menyala, Anda tidak akan mengulanginya lagi. Karena dalam proses pengisian bensin ada BBM yang berpindah ke tangki mobil.

Saat pengisian ada uap BBM, oksigen dan sumber api. Dalam hal ini sumber api berasal dari panas mesin mobil. Jadi jika mesin masih menyala risiko kebakaran cukup besar.

Penjelasannya ketika mesin mobil menyala, unsur terbentuknya api cukup besar, kemudian ada uap bensin, ditambah oksigen.

Baca juga: Nikita Mirzani dan Koleksi Empat Motornya, Apa Aja Ya

Jadi bahaya isi bensin mesin menyala, adalah timbulnya percikan api dari mesin yang mengenai uap bensin saat proses perpindahan BBM ke tangki mobil.

Selain itu ketika ada kabel kelistrikan yang cacat, ketika mesin kendaraan menyala kemungkinan munculnya listrik statis yang menimbulkan api cukup besar.

Demikian jika busi atau pengapian mesin kendaraan bermasalah, ketika mesin menyala kemungkina kebakaran juga bisa terjadi. Jika sudah tahu, mulai sekarang matikan mesin saat mengisi bensin ya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya