Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Bahaya Isi Bensin Eceran Terhadap Mesin Kendaraan

Perubahan kimiawi pada bensin enceran karena matahari atau karena dioplos bisa memicu kerak pada berbagai bagian mesin.
SHARE
Bahaya Isi Bensin Eceran Terhadap Mesin Kendaraan
SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, SOLO — Ketika melintasi suatu daerah yang tergolong aku jauh dari jalan utama menggunakan kendaraan bermotor, kemudian kehabisan bensin mau tak mau isi eceran. Namun tahu apa bahayanya isi bensin eceran.

Memang karena jauh dari jalan utama, tiba-tiba kendaraan baik sepeda motor maupun mobil agar bisa tetap melanjutkan perjalanan, solusi praktis adalah memberi bensin eceran.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Namun tahukan Anda risiko beli bensi eceran terhadap mesin kendaraan. Berikut beberapa bahayanya seperti dikutip dari Mypertamina.id dan Astramotor.co.id.

Risiko BBM Oplosan

Kualitas BBM eceran tidak dapat dijamin karena tidak ada pengawasan. Para penjual akan lebih bebas dan beberapa penjual nakal mungkin akan melakukan tindakan-tindakan yang bisa merugikan Anda, seperti mengoplos bahan bakar minyak (BBM).

Penjual nakal hanya mengisi botol dengan sedikit bensin, sisanya bisa dicampur dengan bahan bakar yang tidak sesuai, bisa saja dengan paint thiner atau minyak mentah.

Baca juga: Bahaya Isi Bensin Mesin Masih Menyala, Bisa Picu Kebakaran

Kualitas BBM

Kendati tidak mengoplos bensin eceran, namun saat menjual BBM tersebut menggunakan tempat berupa botol kaca atau botol plastik yang terpapar sinar matahari langsung.

Paparan sinar matahari ini perlu dipahami bahwa hal ini dapat mengakibatkan komposisi kimiawi pada bahan bakar jadi berubah.

Muncul kerak pada mesin

Perubahan kimiawi bensin karena matahari atau karena dioplos bisa memicu kerak pada berbagai bagian mesin. Hal ini mengakibatkan mesin mengalami knocking atau ngelitik.

Kerusakan pompa bensin

Bensin eceran yang tidak murni dan kualitasnya rendah akan merusak pompa bensin yang bertugas membawa bensin dari tangki ke rel bahan bakar pada mesin kendaraan.

Baca juga: Kapan Mobil Harus Ganti Oli Biar Performa Mesin Tetap Oke

Apabila mengalami kerusakan akibat bensin eceran, tentu saja pompa bensin tidak akan menjalankan fungsi tersebut dan Anda wajib membenahinya. Menyelesaikan

Berakibat turun mesin

Bukan hanya knocking atau kerusakan pompa bensin, mesin pun bisa mengalami kerusakan yang lebih fatal yakni turun mesin. Proses inspeksi ini juga akan membutuhkan dana yang mahal.

Jadi pastikan Anda selalu mengisi BBM di tempat yang selalu bisa diandalkan, seperti Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU).

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode