Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Bahaya! Ini Barang Yang Tidak Boleh Disimpan di Jok Motor

Ada beberapa barang yang tidak boleh disimpan di jok motor, karena bisa membahayakan pengendara dan sepeda motor.
SHARE
Bahaya! Ini Barang Yang Tidak Boleh Disimpan di Jok Motor
SOLOPOS.COM - Barang elektronik tidak boleh disimpan dalam jok motor. (Gridoto.com)

Solopos.com, SOLO — Jok sepeda motor bagian bawahnya ada bagasi untuk menyimpan barang. Bahkan sepeda motor baru saat ini bagasinya mampu menampung lebih banyak barang.

Namun, ingat tidak semua barang boleh disimpan di jok motor, karena barang tersebut bisa sangat berbahaya. Bahkan bisa membahayakan keselamatan pengendara motor dan kendaraan itu sendiri.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Jadi sebaiknya ketahui barang apa saja yang tidak boleh disimpan di jok motor Anda. berikut daftarnya seperti dikutip Solopos.com dari Wahanahonda.com dan Gridoto.com

Sayur Mayur & Buah-buahan

Biasanya emak-emak dari berbelanja, menaruh barang belanjaan ke dalam jok. Padahal, jika motor dalam kondisi nyala, suhunya bisa mencapi 36 derajat hingga lebih. Panas motor itu bisa mengurai sayur-sayuran, buah-buahan, coklat, yogurt, ice cream dan lain sebagainya, dan menurunkan kualitas bahan makanan.

Baca juga: Biaya Ganti Warna Mobil dan Motor di STNK dan BPKB Beserta Syaratnya

Peralatan Make Up

Kebiasaan lainnya yang membahayakan adalah menaruh peralatan make-up, entah itu eye shadow, compact powder, sun scream dan lain-lain, dalam jok motor.

Panas motor bisa membuat make up meleleh, dan bisa luber ke dalam mesin dan menyebabkan kerak (jika make up tidak ditempatkan dalam pouch). Kandungan kimia dalam make up bisa merusak motor jika tidak sengaja masuk ke dalam mesin.

Parfum dalam Botol

Parfum juga menjadi benda berbahaya bila dimasukkan ke dalam jok motor. Parfum adalah barang yang mudah menguap, dan cepat memicu bensin yang ada di motor untuk memercikkan api.

Baca juga: Mobil Termurah di Indonesia, Harganya Enggak Sampai Rp120 Juta

Jas Hujan Basah

Jas hujan yang masih basah sebaiknya jangan terlalu lama disimpan di dalam jok sepeda motor, terutama bagi yang berbahan dasar polyster dan gore tech. Ini membuat jas hujan cepat rusak.

Barang Elektronik

Kebiasaan lainnya yang membahayakan adalah barang elektronik baik Smartphone, powerbank, laptop tidak boleh dimasukkan ke dalam jok motor.

Kenapa? Karena suhu panas di dalam jok dikhawatirkan bisa memicu ledakan. Hal ini terjadi karena jok motor letaknya berdekatan dengan mesin motor dan bisa menghasilkan suhu panas dan berpotensi menimbulkan ledakan yang luar biasa.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode