SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang dehidrasi. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Cuaca panas membuat tubuh rentan dehidrasi. Gejala awal dehidrasi biasanya berupa sakit kepala, lemas, hingga kelelahan. Apakah Anda sering mengalaminya?

Dikutip dari Dailymail, Kamis (24/10/2019), sejumlah hasil penelitian mengungkapkan dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.Dehidrasi adalah penurunan cairan dalam tubuh secara berlebihan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dehidrasi membuat seseorang mengalami berbagai macam keluhan kesehatan. Keluhan tersebut biasanya berupa sakit kepala, kulit kering, bibir pecah-pecah, serta penurunan konsentrasi. Bahkan, dalam kondisi yang paling buruk, dehidrasi dapat menyebabkan kematian. Kok bisa?

Kekurangan cairan akan memengaruhi kinerja organ-organ vital dalam tubuh. Dalam kasus yang lebih berat, kehilangan cairan tubuh menyebabkan penurunan kesadaran atau koma. Menurut Patricia Macnair, seorang dokter spesialis penyakit dalam di Milford Hospital, Surrey, Inggris, kemungkinan terburuk yang terjadi ketika seseorang mengalami dehidrasi adalah kematian.

Dehidrasi bisa terjadi ketika seseorang melakukan olahraga berat saat cuaca panas dan lupa minum. Bisa juga terjadi karena terpapar udara panas, bahkan bekerja di ruangan ber-AC pun menyebabkan dehidrasi. Mengapa demikian?

Terbiasa berada di ruangan ber-AC yang sejuk membuat seseorang cenderung mengabaikan rasa haus sehingga enggan minum. Akibatnya, orang itu tanpa sadar akan mengalami dehidrasi.

Keberadaan cairan dalam tubuh memegang peranan penting. Cairan tersebut berfungsi mengatur suhu tubuh, mengalirkan oksigen dalam darah, mencegah sembelit, melembabkan kulit, serta memproduksi air liur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya