SOLOPOS.COM - Francesco Bagnaia mengangkat trofi juara di podium seusai memenangi MotoGP Austria 2022 di Sirtkuit Red Bull Ring, Spielberg, Minggu (21/8/2022).  (ANTARA/REUTERS/Leonhard Foeger)

Solopos.com, JAKARTA—Francesco Bagnaia meraih kemenangan di tiga balapan secara beruntun atau hattrick berkat penampilan sensasional di MotoGP Austria  2022 di Red Bull Ring, Spielberg, Minggu (21/8/2022).

Itu merupakan kemenangan Ducati untuk kali ketujuh dari sembilan balapan di Spielberg sejak sirkuit Austria itu masuk kalender MotoGP pada 2016.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bagnaia juga menjadi pembalap Ducati kedua setelah Casey Stoner yang merasakan tiga kemenangan beruntun mengendarai Desmosedici.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Tercepat di MotoGP Austria 2022

Hasil itu juga menjadi yang pertama bagi Ducati menang delapan kali dalam satu musim setelah 2007.

Sang pebalap Italia tak terkejar rival-rivalnya setelah mencuri posisi pimpinan lomba dari Enea Bastianini setelah lap pertama.

Lima lap jelang finis menjadi pertarungan antara Jack Miller, Quartararo dan Jorge Martin dalam perebutan dua tempat podium.

Baca Juga: Enea Bastianini Rebut Pole Position MotoGP Austria 2022

Di chicane baru tikungan 2, Quartararo, yang harus menurunkan berat badan demi mendapat tambahan top speed Yamaha di sirkuit “kandang” Ducati itu, mendapat celah untuk menyalip Miller untuk tempat kedua setelah finis 0,495 detik di belakang Bagnaia.

Sedangkan Miller mengamankan satu tempat podium untuk Ducati setelah Martin, yang membayangi di lap terakhir, terjatuh di lintasan.

“Balapan yang sangat panjang, saya berupaya lebih tenang dan hati-hati karena kami memakai ban depan soft, yang bukan pilihan terbaik bagi saya jelang finis. Tapi saya sangat senang,” kata Bagnaia, yang tampil dominan sejak di Assen dan Silverstone.

Baca Juga: Motivasi Tinggi Vinales Songsong MotoGP Austria

“Saat saya melihat gap, saya sangat ingin tampil konstan dengan lap time saya, dan saya yakin dengan kecepatan saya. Di akhir saya mencoba lebih tenang karena mereka semakin dekat.

“Saya sangat senang dan kami menuju ke Misano, tak sabar lagi ke sana.”

Dengan hasil itu Bagnaia memangkas jarak poin dari Quartararo yang masih memegang kendali klasemen dengan margin 44 poin.

Baca Juga: Fabio Quartararo Wajib Tampil Sempurna di MotoGP Austria 2022

Aleix Espargaro bertahan di peringkat kedua klasemen dengan jarak 32 poin dari Quartararo. Sementara itu, polesitter Enea Bastianini harus kembali ke garasi dan menyudahi balapan lebih dini karena mendapati masalah teknis di motor Ducatinya di lap keenam.

Reporter MotoGP Simon Crafar melaporkan terdapat penyok besar di velg depan motor Bastianini yang kemungkinan disebabkan hilangnya tekanan udara ban.

Luca Marini meraih finis terbaiknya untuk tim VR46 di P4, mengungguli Johann Zarco (Pramac) dan Aleix Espargaro, yang sempat terkendala dengan holeshot device saat start.

Baca Juga: Para Pembalap Ducati Melesat, Dominasi Sesi Latihan Bebas Kedua MotoGP Austria

Brad Binder menjadi pebalap KTM terdepan di P7, mengungguli Alex Rins (Suzuki) dan Marco Bezzecchi (VR46).

Sirkus MotoGP akan menyambangi Sirkuit Misano di San Marino pada 4 September mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya