SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan. (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO — Kira-kira bagaimana hukum menggunakan pawang hujan dalam ajaran Islam?

Seperti diketahui, praktek menolak hujan di berbagai daerah di Indonesia masih marak terjadi. Apalagi saat musim hujan tiba, hal ini kerap dilakukan oleh beberapa orang untuk menahan hujan demi kelancaran sebuah acara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Lalu, bagaimana Islam memandang hal tersebut, apakah diperbolehkan menggunakan pawang hujan untuk memperlancar sebuah acara?

Baca Juga: Doa Menyambut Kedatangan Bulan Ramadan

Menurut Buya Yahya dalam sebuah video yang tayang di kanal Youtube Al-Bahjah TV, mengatakan hukum pawang hujan dalam Islam merupakan tindakan haram.

“Haram, tidak boleh [menggunakan pawang hujan]. Pawang itu dukun kan, pakai komat kamit mengusir mendung. Ini tidak dibenarkan kalau urusan dukun. Nabi Muhammad tidak akan ridha,” terang dia.

Baca Juga: Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Maret 2022 Beserta Lafal Niatnya

Senada dengan Buya Yahya, Ustaz Abdul Somad (UAS) juga mengatakan hal yang serupa.

Dalam video di akun Youtube Tafaqquh Online, hukum menggunakan pawang hujan dalam Islam adalah haram. “Dia [pawang hujan] minta kepada jin, minta kepada jin. Setan itu hukumnya haram,” tegas dia.

Baca Juga:  Sebelum Prameks dan KRL, Ada KA Kuda Putih Layani Rute Solo-Jogja

Karena hukumnya haram, untuk mencegah terjadinya hujan,, umat muslim bisa membaca doa di bawah ini, yang dijelaskan dalam situs resmi Nahdlatul Ulama (NU Online).

Allahumma hawalayna wa la ‘alayna, Allahumma alal akami wad thirobi, wa buthunil audiyyati wa manabitis syajari.

Baca Juga: Malam Nisfu Syaban 2022 Tanggal Berapa? Cek Jadwal dan Amalannya

Artinya: Ya Allah turunkanlah hujan di sekitar kami, dan jangan turunkan kepada kami untuk merusak kami. Ya Allah turunkanlah hujan di dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.

Baca Juga:  Kenapa Universitas Sebelas Maret Solo Disingkat UNS?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya