SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARANGANYAR – Memancing menjadi cara tersendiri bagi warga Tawangmangu dan sekitarnya dalam memperingati hari Pahlawan 2018. Melalui memancing, warga yang berada di lereng Gunung Lawu ini tak sekadar menyalurkan hobi atau pun bersenang-senang, namun dijadikan momentum merenung tentang jasa pahlawan bangsa. Berkat perjuangan para pahlawan mengusir penjajah, para anak bangsa dapat memancing dengan nyaman.

Sehari setelah hari Pahlawan berlangsung, warga di Tawangmangu dan sekitarnya berduyun-duyun mendatangi Pemancingan Jemberan di Krangean, Nglebak, Tawangmangu, Minggu (11/11/2018) pagi. Sebagian besar warga sudah siap membawa peralatan memancing lengkap dengan umpan dan tempat menaruh ikan terbuat dari jaring.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tepat pukul 09.00 WIB, tokoh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) pusat, Firlie Hanggodo Ganinduto, menyebar ikan lele seberat lima kuintal ke kolam pemancingan Jemberan. Penyebaran ikan lele itu menjadi tanda dimulainya memancing gratis di Jemberan. Dalam sekejap, para pemancing mania di Tawangmangu dan sekitarnya langsung melemparkan mata pancingnya yang sudah diberi umpan, seperti cacing atau pun jangkrik ke kolam pemancingan. Selama memancing, para pemancing juga memperoleh hiburan musik yang menambah suasana semakin semarak.

“Kami sengaja memilih memancing guna memperingati Hari Pahlawan. Memancing ini dilakukan dengan suasana yang nyaman dan tenang. Yang perlu dipahami, tanpa jasa para pahlawan, para penerus bangsa ini tidak dapat memancing senyaman ini. Sebagai generasi penerus bangsa, sudah seharusnya meneruskan perjuangan para pahlawan. Para pemuda diharapkan dapat berkontribusi terhadap penguatan ekonomi rakyat,” kata Ketua Kompartemen Pertambangan dan Energi HIPMI pusat, Firlie Hanggodo Ganinduto, di sela-sela kegiatan memancing gratis di Nglebak, Tawangamangu, Minggu.

Salah satu pemancing asal Tawangmangu, Arda Ade Pradana, 27, mengaku senang dapat mengikuti memancing gratis di Nglebak. Minggu pagi itu, Ade yang memang hobi memancing itu tak perlu jauh-jauh menyalurkan hasrat memancingnya ke tempat yang jauh dari rumah.

“Saya suka memancing. Biasanya memancing di sungai-sungai di Tawangmangu dan beberapa daerah lainnya di luar Tawangmangu. Kebetulan saat ini ada memancing gratis di sini. Saya langsung tertarik ikut. Tadi tidak sempat mencari cacing, saya pun membeli cacing di penjual pakan burung. Harga cacing Rp3.000 per bungkus. Saya berharap dapat ikan lele banyak di sini. Setidaknya lebih dari lima kilogram,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya