SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Deretan sepeda motor siap diangkut menggunakan kereta api. (Minews.id)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah kembali memperbolehkan masyarakat mudik pada Lebaran 2022 dengan sejumlah persyaratan untuk pengguna transportasi umum. Pemerintah juga mengimbau pemudik untuk tidak naik sepeda motor saat mudik Lebaran.

Hal ini guna mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Sebagai konsekuensinya pemerintah akan menyediakan mudik gratis bagi pemudik dan sepeda motor miliknya. Jadi pemerintah menggratiskan angkutan sepeda motor, yang bayar tiket kereta api hanya pemudiknya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi hanya pemilik motor yang membayar tiket kereta api. Kebijakan ini sesuai dengan arahan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Baca juga: Ini Cara Ikuti Mudik Gratis Kemenhub, Cuz Daftar Lur…

Untuk itu Menhub Budi Karya Sumadi meminta PT KAI untuk menyediakan gerbong khusus guna mengangkut sepeda motor pemudik. Mengenai tata cara dan jadwal pendaftaran motor mudik gratis lewat KAI akan disampaikan pekan depan.

Kendati demikian dikutip dari Mobil123.com dan djka.dephub.go.id mudik gratis selama dua tahun ditiadakan karena adanya pandemi Covid-19. Pada Lebaran 2022 ini pemerintah kembali membuka program mudik gratis menggunakan angkutan bus dan kereta api.

Pendaftaran mudik gratis untuk motor melalui KAI ini jika mengacu pada 2020 sebelum dihentikan maka bisa mendaftar secara online melalui website: mudikgratis.dephub.go.id, atau bisa datang ke stasiun yang ditunjuk.

Baca juga: Ini Lokasi Kamera Tilang Elektronik ETLE di Tol Terbaru

Pada tahun 2020 calon pemudik bisa mendaftar melalui sejumlah stasiun seperti Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Cikarang. Lalu Stasiun Depok Baru, Stasiun Tangerang, Stasiun Cimahi, dan Stasiun Kiara Condong.

Kemudian untuk daerah, ada Stasiun Tawang Semarang, Stasiun Pasar Turi Surabaya, Stasiun Mojokerto, Stasiun Madiun, Stasiun Purwosari Solo, dan Stasiun Lempuyangan. Harus diingat motor mudik gratis lewat KAI hanya bagi penumpang yang memiliki tiket KA.

Syaratnya jika mengacu pada mudik 2020 adalah, membawa KTP, SIM C, STNK motor yang diangkut, mesin sepeda motor di bawah 200 cc. Untuk yang mendaftar online harus melakukan verifikasi di stasiun yang ditunjuk. Semoga kebijakan dan persyaratan mudik gratis dengan KAI Lebaran 2022 tidak berbeda jauh.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya