Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Lutut, Dipijat?

Bagaimana sih cara mengatasi nyeri lutut yang dialami oleh seseorang, apakah diperbolehkan dipijat? Yuk cari tahu di sini!
Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Lutut, Dipijat?
SOLOPOS.COM - Ilustrasi nyeri lutut pada lansia. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Bagaimana sih cara mengatasi atau mengatasi nyeri lutut, apakah harus dipijat?

Seperti diketahui, pijat saat ini menjadi solusi masyarakat ketika mengalami nyeri atau pegal pada bagian tubuh tertentu, misalnya lutut. Bahkan pijat menjadi tempat tujuan pertama ketika seseorang mengalami nyeri lutut.

Baca Juga: Hubungan Magis Gunung Merapi dan Laut Selatan yang Sarat Cerita Mistis

Padahal cara tersebut belum tentu benar. Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta, dr. Retno Setianing, Sp.KFR mengatakan pijat harus didukung dengan diagnosa yang tepat.

“Pijat itu bisa melancarkan peredaran darah. Itu bagus, tapi untuk kasus capek dan kebugaran,” ungkap dia kepada Solopos.com melalui sambungan telepon, Senin (6/12/2021).

Baca Juga:  Banyak yang Bilang Mirip, Apa Sih Beda Tongseng dan Tengkleng?

Lalu, bagaiman cara yang benar untuk mengatasi nyeri lutut jika tidak boleh dipijat?

Retno menyebutkan, nyeri pada lutut harus dilakukan pemeriksaan oleh ahlinya. Hal ini untuk mengetahui penyebab dari nyeri lutut itu sendiri.

Dia mengatakan nyeri lutut bisa dialami oleh semua umur, tapi lebih banyak pada lansia. Untuk penyebab nyeri lutut juga beragam mulai dari pengapuran hingga karena kecelakaan.

Baca Juga:  Anak-anak Rentan Mengalami Nyeri Punggung, Ini Cara Mengatasinya

“Kalau lansia nyeri lutut biasanya karena pengapuran. Problem utama dikarenakan berat badan yang berlebih, hingga aktivitas. Saat muda, apa-apa dikerjakan sendiri, pas sepuhnya seperti itu, lupa istirahat,” ujar dia.

“Kedua karena trauma, jatuh, atau cedera olahraga juga bisa,” imbuh dia.

Baca Juga:  Daripada Jajan Mahal, Yuk Bikin Tengkleng Khas Solo dengan Resep Ini

Dengan mengetahui penyebab nyeri lutut, dokter akan lebih mudah melakukan pengobatan dan juga dengan fisioterapi oleh ahlinya.

Nah, untuk mengatasi atau mengatasi nyeri lutut, kini di RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta terdapat beragam paket-paket pemeriksaan yang menarik dan hemat di kantong untuk skrining nyeri punggung maupun lutut.

Baca Juga:  Ada di Jalanan Solo, Ini Arti Fungsi Marka Jalan Yellow Box Junction

“Lebih baik menemukan seawal mungkin. Bukan pas sakit. Belum ada keluhan sudah ke sini sehingga bisa dicegah,” ungkap Retno.

Bagi kamu yang berminat silakan mendaftar secara online di pendaftaran.rso.go.id atau bisa datang langsung ke Poliklinik Rehabilitasi Medik di rumah sakit yang berlokasi di Jl Ahmad Yani 157, Mendungan, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.

Baca Juga:  Doddy Sudrajat Ingin Pindahkan Makam Vanessa, Ini Hukumnya dalam Islam


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago