SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kemunculan Dajal menjadi salah satu pertanda kiamat atau hari akhir akan datang.

Nabi Muhammad SAW memprediksi kemunculan Dajal pada hari kiamat kelak. Sebagian pendapat menyebut Dajal sebagai makhluk yang digambarkan bermata satu. Dajal dikatakan akan mempengaruhi manusia agar melakukan perbuatan yang dimurkai Allah SWT.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari laman Lembaga Ta’lif Wan Nasyr Nahdlatul Ulama Jawa Barat, ulama memiliki pandangan berbeda soal keberadaan Dajal pada hari akhir. Ada pendapat yang menyebut Dajal ialah simbol kejahatan.

Baca Juga: Tahukah Kamu? Ada Doa yang Dianjurkan Dibaca Orang Tua Saat Anak Sunat 

Sementara pendapat lain menyebut kebenaran adanya Dajal dan akan muncul pada hari kiamat. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam membaca doa agar dijauhkan dari fitnah Dajal di hari kiamat.

Sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah yang terkandung dalam kitab Imam Muslim berikut:

“Jika kalian selesai melakukan tasyahud akhir, berlindunglah pada Allah dari empat hal, azab neraka Jahanam, azab kubur, fitnah hidup dan mati, dan keburukan Dajal yang terhapus dari rahmat Allah SWT.”

Baca Juga: Enggak Mau Kan, Pakaian Kalian Dipakai Setan? Baca Dulu Doanya…

Ulama berpendapat berdoa agar diselamatkan dari fitnah Dajal disunahkan dibaca setelah selesai tasyahud akhir pada tiap mendirikan salat dan sebelum salam. Berikut bacaan doa supaya diselamatkan dan dijauhkan dari fitnah Dajal pada hari akhir:

Allohumma inni a’udzu bika mina ‘adzabil qabri wa min ‘adzabin nari wa min fitnatil mahya wal mamati wa min fitnatil masihid dajjal

Artinya:

Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari azab kubur, azab neraka, cobaan hidup dan mati, dan fitnah Dajal yang terhapus dari rahmat Allah SWT

Demikian bacaan doa yang dapat dipanjatkan umat muslim agar dijauhkan dari rayuan Dajal yang menyesatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya