SOLOPOS.COM - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin berseragam tahanan KPK dijebloskan ke sel, Sabtu (25/9/2021) dini hari. (detik)

Solopos.com, JAKARTA — Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) segera menggelar rapat dan segera menyampaikan sikapnya atas penetapan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin sebagai tersangka dugaan kasus suap terkait penanganan perkara di Kabupaten Lampung Tengah.

“Biasanya kaya gini 1×24 jam, kalau seandainya Pak Aziz jadi tersangka maka MKD akan rapat dan sampaikan sikapnya,” kata Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR, Trimedya saat dihubungi wartawan, Sabtu (25/9/2021) dini hari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Sesalkan Penahanan, Golkar Minta Azis Syamsuddin Mundur 

Trimedya mengatakan kalau pihaknya sudah mencermati kasus yang menyeret Azis sejak tiga bulan ke belakang.

MKD juga sudah menerima pengaduan masyarakat dan status pengaduannya telah selesai diverifikasi.

Sebenarnya MKD hanya tinggal menjadwalkan untuk melakukan panggilan terhadap Azis selaku teradu. Namun karena kondisinya Azis sudah ditetapkan sebagai tersangka, maka MKD harus mengikuti perkembangan kasus.

Hati-Hati

“Karena itu kami cukup hati-hati dalam kasus ini,” ujarnya.

Trimedya kaget ketika mendengar Azis sampai dijemput oleh pihak KPK, padahal yang bersangkutan mengaku tengah menjalani isolasi mandiri Covid-19.

Ia menyamakan kondisi Azis itu seperti saat terpidana kasus korupsi KTP elektronik, Setya Novanto yang juga dijemput oleh penyidik KPK kemudian mengaku sakit pada 2017 silam.

Di Luar Dugaan

“Iya di luar (dugaan) dong dan kita enggak tahu apakah dia pernah enggak kooperatif atau enggak, kan baru ini yang terbuka pemanggilan terhadap Azis.”

Tim KPK akhirnya menjemput paksa Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, malam ini di kediamannya.

Berdasarkan pantauan Suara.com, Azis yang mengenakan batik warna cokelat tiba di KPK sekitar pukul 19.55 WIB. Tampak Azis dikawal ketat tim KPK saat digelandang ke gedung KPK. Tampak pula Azis mengenakan masker.

Baca Juga: Drama Tak Lama Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin 

Azis tiba tanpa mengeluarkan pernyataan apapun dan langsung menuju ke ruang pemeriksaan.

Sebelumnya, beredar informasi, Azis telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi di Lampung Tengah.

Beredarnya kabar itu, bersamaan dengan KPK yang sedang mengusut dugaan kasus korupsi di Kabupaten Lampung Tengah, yang saat ini perkaranya telah memasuki tahap penyidikan.

Apalagi, KPK sudah melakukan tahapan pemeriksaan sejumlah saksi di Jakarta, Bandung, Tangerang serta Lampung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya