SOLOPOS.COM - Kali Wedok (Putri) salah satu jujugan wisata di Salatiga yang gratis. (Solopos.com/ Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Kota Salatiga, Jawa Tengah ternyata memiliki tempat wisata menarik dan gratis. Penasaran? Berikut ini ulasan Solopos.com tentang tempat wisata air di tengah Kota Salatiga itu.

Apabila Anda sedang mencari tempat healing yang murah bahkan gratis di Salatiga, salah satu rujukannya Kali Wedok. Wisata air sejenis umbul ini menawarkan sensasi berbeda di tengah Kota Salatiga.

Promosi 5 Tahun Terakhir Setoran Dividen dan Pajak BRI ke Negara Capai Rp149,2 Triliun

Anda bisa berenang di kolam dengan ukuran sekitar 20 meter x 8 meter dengan kedalaman 80 sentimeter (cm). Kolam renang Kali Wedok Salatiga ini cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu sendiri, bersama teman, pacar, maupun keluarga.

Air Kali Wedok Salatiga jernih dan segar. Anda bisa melihat banyak ikan warna-warni berenang di kolam.

Kali Wedok Salatiga ini menjadi salah satu jujukan sejumlah orang, terutama saat akhir pekan. Meskipun ramai, pengelola Kali Wedok Salatiga tidak memungut biaya tertentu untuk pengunjung yang ingin berenang atau sekadar duduk di tepi kolam. Anda cukup membayar parkir.

Baca Juga : Salatiga Kota Terindah di Jawa Tengah Sejak Zaman Kompeni

Lokasi Kali Wedok Salatiga

Tempat wisata air Kali Wedok ini berada di tengah Kota Salatiga, tepatnya depan Kali Taman. Berada di sisi selatan Jalan Kalitaman, tepatnya Jl. Kalitaman, Kalitaman, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Mudahnya, dari Patung Pangeran Diponegoro atau Ramayana, Anda mengambil jalan lurus. Kemudian, ke kiri mengikuti jalan tersebut sejauh 250 meter. Anda akan menemukan wisata air Kali Wedok di sebelah kanan jalan.

Dilansir dari berbagai sumber, keberadaan Kali Wedok ini tidak terlepas dari Kali Taman yang terletak di sisi utara. Keduanya wisata air itu memiliki sumber air yang sama.

wisata air kali wedok salatiga
Kali Wedok (Putri) salah satu jujugan wisata di Salatiga yang gratis. (Solopos.com/ Hawin Alaina)

Tahun 1927, Kali Taman dibangun sebagai tempat rekreasi pemandian. Tempat itu khusus laki-laki dari kalangan kulit putih. Di sebelah selatan, juga dibangun tempat pemandian atau kolam khusus untuk perempuan. Maka muncul istilah Kali Lanang dan Kali Wedok.

Baca Juga : Umbul Senjoyo Salatiga, Tempat Padusan Favorit di Jawa Tengah

Aktivitas di Kali Wedok

Anda bisa berenang atau sekadar bermain air di kolam yang juga dikenal dengan sebutan Kali Putri ini. Bagi Anda yang tidak ingin bermain air, bisa sekadar duduk santai di pinggir kolam.

Pengelola Kali Wedok menyediakan tempat duduk di dekat kolam. Anda bisa bersantai sambil menikmati makanan atau ngopi. Tenang, Anda bisa membeli makanan dan minuman dari sejumlah pedagang di dekat kolam Kali Wedok.

Jika beruntung, Anda akan mendapatkan pemandangan yang cantik. Pemandangan kolam dengan air jernih dan Gunung Merbabu yang gagah.

Pantauan Solopos.com, sejumlah pengunjung yang datang ke Kali Wedok Salatiga hanya ingin duduk bersantai dan menenangkan pikiran, healing. Seperti disampaikan warga Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rudi.

Baca Juga : Mitos Pohon Pengantin Salatiga, Bisa Bikin Hubungan Kekasih Langgeng

Dia datang ke Kali Wedok Salatiga sejak pagi pukul 10.00 WIB. Ia mengaku hanya ingin bersantai. “Me-refresh pikiran karena pusing buat skripsi,” kata mahasiswa itu, Jumat (5/8/2022).

Ia duduk sendiri di pinggir kolam Kali Wedok sembari menyeruput kopi hitam yang dia beli dari warung sekitar kolam Kali Wedok Salatiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya