Ayam Goreng Mbok Berek, Pionir Warung Makan di Semarang

Usaha ayam goreng dinilai tak pernah ada matinya.
Ayam Goreng Mbok Berek, Pionir Warung Makan di Semarang
SOLOPOS.COM - Ayam Goreng Mbok Berek Ny Subekti, Semarang

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

Solopos.com, SEMARANG—Usaha ayam goreng dinilai tak pernah ada matinya. Hal itu dibuktikan eksistensi Warung Makan Ayam Goreng Mbok Berek dengan resep turun-temurun dari nenek moyang.

Warung Ayam Goreng Mbok Berek yang telah melegenda di Kota Semarang kali pertama terletak di ruas Jl. Jenderal Sudirman, Semarang. Warung makan tersebut berdiri sejak 1977.

Ciri khas ayam goreng dengan resep Mbok Berek, yakni berdaging empuk. Ciri khas lainnya, yakni memiliki kremes yang diyakini lumer di mulut. Sudirman Semarang, Warung Ayam Goreng Mbok Berek juga terdapat di Ungaran, Ngaliyan, dan Taman Kuliner Ventura Semarang.

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 sempat berkunjung di salah satu warung ayam goreng itu, yakni di Taman Kuliner Ventura, Jl. Ki Mangunsarkoro No. 15 Semarang, Selasa (7/12/2021) malam. Selain berbincang dengan Owner Mbok Berek Semarang, Ari Subekti, tim ekspedisi juga mencicipi ayam yang berdaging empuk tersebut.

Warung makan ayam goreng Mbok Berek Ny Subekti di Taman Kuliner Ventura Semarang

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 digagas Solopos Media Group, Sabtu-Kamis (4-9/12/2021). Ekspedisi ini didukung penuh beberapa sponsor, yakni BNI, Mitsubishi Motors, Universitas Terbuka Surakarta, Candi Elektronik, Artugo, Galeri 24, Prodia, XL Axiata, dan Gojek. Tim ekspedisi dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani, mewakili Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Sabtu (4/12/2021). Tim ekspedisi mengunjungi lima kota besar di Tanah Air. Masing-masing, Solo, Salatiga, Semarang, Cirebon, dan Jakarta.

“Ayam Goreng Mbok Berek di Semarang berdiri 1977. Resep ayam goreng ini turun-temurun [dari nenek moyang]. Saya sendiri generasi keenam. Selain di Semarang, ada juga Ayam Goreng Mbok Berek di daerah lain. Itu semua menggunakan resep yang sama,” kata Ari Subekti, saat ditemui Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 di Semarang, Selasa malam.
Ari Subekti mengaku sangat beruntung terlahir dari keturunan mendiang Mbok Berek.

Berdasarkan sejarah yang diperoleh dari generasi pendahulunya, Ayam Goreng Bikinan Mbok Berek pernah dicicipi Sultan Hamengkubuwono (HB) IX dan Presiden I Republik Indonesia (RI), Soekarno.

“Saya membuka cabang di Taman Kuliner Ventura Semarang karena ada GoFood. Saya kepikiran mengembangkan secara online. Aplikasi online food yang paling ramai di sini, GoFood itu. Dalam sehari, penjualan ayam di Ventura Taman Kuliner Semarang hingga mencapai 40 ekor [harga satu ekor ayam goreng senilai Rp110.000],” kata dia.

Ari Subekti mengatakan pengembangan usaha kuliner secara online perlu dilakukan di tengah era digital. Terlebih, di era sekarang banyak ditemukan orang sibuk dengan pekerjaan yang digeluti sehari-hari. Sehingga orang cenderung mencari kemudahan dengan memesan makanan secara online.

“Kami tahunya aplikasi GoFood dari media. Tahun 2019 saya resmi gabung. Dari segi penjualan luar biasa. Awalnya saya berpikir ada peningkatan hingga 25 persen-30 persen. Ternyata sampai 70 persen. Ini di luar dugaan. Aplikasi GoFood masih nomor satu di tempat kami. Ke depan, dirinya akan terus mengikuti perkembangan zaman dalam berbisnis,” katanya.

Head of Regional Corporate Affairs Gojek for Central Java, Mulawarman, mengatakan capaian merchant yang sudah bergabung di GoFood mengalani kenaikan signifikan, yakni dari 500.000 merchant menjadi 900.000 merchant sejak Desember 2020. Pemesananan paket ayam (makanan) via GoFood masih mendominasi di tengah pandemi Covid-19. Selain ayam, terdapat juga pemesanan kopi.

“Ke depannya, kami akan berinvestasi di teknologi (otomatisasi fitur-fitur dan layanan) dan nonteknologi (pengembangan sumber daya manusia/SDM). Kami akan terus menjembatani usaha mikro kecil menengah (UMKM) [agar terus berkembang ke depannya],” kata dia.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago