SOLOPOS.COM - Hermanto Dardak, meninggal dunia akibat kecelakaan di ruas tol Pemalang-Batang KM 341+400 arah Jakarta pada Sabtu (20/8/2022) dini hari.????? Ayah dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, itu akan dimakamkan, Minggu (21/8/2022). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Achmad Hermanto Dardak, Wakil Menteri Pekerjaan Umum era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meninggal dunia dalam kecelakaan di Tol Batang, Jawa Tengah, Sabtu (20/8/2022).

Jenazah ayahanda Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, itu akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (21/8/2022) pagi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, almarhum Hermanto Dardak berhak dimakamkan di TMP Kalibata karena memiliki jasa besar bagi negara.

Hermanto Dardak yang juga Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2010-2014 itu pernah mendapatkan anugerah Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Utama.

Baca Juga: Hermanto Dardak, Ahli Infrastuktur Jalan yang Wafat di Jalan

Penghargaan prestisius itu didapatkan Hermanto Dardak dari Presiden SBY atas kontribusinya terhadap pembangunan infrastruktur di Tanah Air.

“Beliau juga memegang anugerah Bintang Mahaputera Utama sehingga setahu saya berhak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Keluarga juga ingin (dimakamkan di TMP Kalibata),” ucap Basuki kepada wartawan saat berkunjung ke rumah duka di Jakarta, Sabtu (20/8/2022).

Basuki mengatakan Hermanto Dardak selalu ingin berkontribusi dalam kerja tim Kementerian PUPR untuk membangun infrastruktur Indonesia.

Baca Juga: Hermanto Dardak Meninggal saat Mengurus IKN di Semarang

Sejauh ini, menurut Basuki, Hermanto Dardak sangat berkontribusi pada pengembangan organisasi Kementerian PUPR.

Terakhir semasa hidupnya mengemban posisi sebagai Ketua Tim Pengarah Satuan Tugas (Satgas) Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) yang dibentuk oleh Basuki.

“Beliau Ketua Pengarah Satgas IKN. Beliau kemarin ke Semarang, Jawa Tengah, juga dalam rangka sosialisasi program pembangunan IKN di salah satu universitas di sana. Beliau berkontribusi untuk konsep forest city dan smart city. Di PUPR, beliau juga jadi trigger untuk implementasi konsep tersebut,” ujarnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan di Tol Batang yang Merenggut Nyawa Ayah Emil Dardak

Basuki akan mengantarkan jenazah Hermanto Dardak hingga ke peristirahatan terakhir di TMP Kalibata.

“Jelas saya akan mengantarkan beliau dan mudah-mudahan saya bisa menjadi inspektur upacara bersama seluruh keluarga besar PUPR,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya