SOLOPOS.COM - Suami istri asal Sidorejo RT 001/RW 001 Mangkubumen, Banjarsari, Solo, Syarifudin Hidayatullah, 31, dan Ayu Endang Pujiati, 29, mendampingi putra kedua mereka, Muhammad Arkan Naufal Hidayatullah, Kamis (4/3/2021) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Warga Solo, Syarifudin Hidayatullah, 31, akhirnya harus memilih untuk tidak bekerja demi bisa terus menerus mendampingi bayinya yang lahir tanpa tempurung kepala.

Syarifudin dan Ayu Endang Pujiati, 29, adalah suami-istri dari keluarga tidak mampu asal Kampung Sidorejo RT 001/RW 001 Kelurahan Mangkubumen, Banjarsari, Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Syarifudin harus bekerja serabutan dan menjadi buruh harian lepas. Tapi dua pekan terakhir laki-laki berperawakan kurus itu harus rela tak bekerja untuk mendampingi putra keduanya.

Baca Juga: Kelainan Bayi Tanpa Tempurung Kepala Di Solo Diketahui Sejak 4 Bulan Kandungan

Bayi kedua mereka yang diberi nama Muhammad Arkan Naufal Hidayatullah itu lahir di Solo pada 22 Februari 2021 dengan kelainan tanpa tempurung kepala.

Kondisi kelainan yang setahu Syarifudin tak bisa dilakukan tindakan medis. Dengan kondisi itu Syarifudin dan Ayu hanya bisa pasrah kepada Tuhan.

Mereka menyerahkan sepenuhnya nasib sang putra kepada Tuhan. Suami istri yang tinggal di perkampungan padat itu tidak akan melawan takdir.

Baca Juga: Bayi Tanpa Tempurung Kepala Di Solo Harus Dibantu Oksigen 24 Jam/Hari

Setelah dirawat di RS Brayat Minulya Solo selama tujuh hari, Arkan akhirnya dibawa pulang pada Senin (1/3/2021). Kendati kondisi bayi yang lahir tanpa tempurung kepala di Solo itu stabil, Arkan harus dibantu oksigen untuk pernapasan.

Bantuan Pencahayaan

Arkan juga mendapat bantuan pencahayaan di boks bayi untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap hangat. Sedangkan untuk mencegah terjadinya infeksi pada kepala Arkan, orang tuanya memasang kain kasa dan cairan NaCl.

“Saya kerja serabutan, buruh harian lepas. Sekarang tidak bekerja karena ngurusi anak saya. Pikiran tidak tenang dua pekan ini. Daripada kepikiran saat bekerja, mending saya di rumah bareng anak,” katanya, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga: Masjid Senilai Rp5,7 Triliun Dari Pangeran Arab Dibangun Mulai Sabtu Di Gilingan Solo

Sedangkan sang istri, Ayu mengaku tidak bekerja alias menjadi ibu rumah tangga. Mereka merasa sanat terbantu dengan tak adanya biaya yang harus dikeluarkan ketika persalinan dan perawatan Arkan di rumah sakit Solo.

Apalagi persalinan Arkan yang lahir tanpa tempurung kepala di RS Brayat Minulya Solo dilakukan secara sesar yang otomatis menambah beban biaya medis. “Kami dibantu BPJS KIS, sehingga tidak ada biaya sama sekali. Alhamdulillah. Proses persalinan Dik Arkan secara sesar,” imbuh Ayu.

Kendati merasa berat melihat kondisi sang putra, Ayu dan suami kompak merawatnya di rumah. Seperti dengan rutin memberikan minum susu formula menggunakan selang dan menjaga suhu tubuh agar tetap normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya