SOLOPOS.COM - Aya Canina. (JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, SOLO-Band asal Bandung, Amigdala, menjadi sorotan setelah Aya Canina mengaku jadi korban kekerasan seksual yang dilakukan lead vocal band tersebut.  Sang lead vocal band tersebut berstatus sebagai kekasihnya.

Aya Canina mengaku jadi korban kekerasan seksual tersebut selama 3,5 tahun tanpa mendapat bantuan dari personel Band Amigdala lainnya. Hal ini berdasarkan penuturan korban.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengakuan jadi korban kekerasan seksual ini viral setelah Aya Canina diwawancarai untuk film Kukira Kau Rumah. Menanggapi hal ini, Amigdala kemudian mengunggah pernyataan sikap.

Baca Juga: Perankan Pram di Kukira Kau Rumah, Berikut Profil Jourdy Pranata

Dari unggahan di Instagram @musikamigdala, Amigdala mengaku berpihak kepada korban yakni Aya Canina.  Mereka pun mendukung Aya mendapatkan keadilan, perlindungan dan pemulihan dari kasus yang telah menimpanya.

Amigdala kemudian mengonfirmasi bahwa pelaku kekerasan seksual telah keluar dari Amigdala pada 2021 lalu. “Kami juga ingin menambahkan bahwa sejak Juli 2021, IE (nama pelaku) sudah tidak lagi menjadi bagian dari Amigdala. Namun kami menyadari dan mengakui bahwa kekerasan seksual yang dialami oleh Aya Canina terjadi ketika IE masih menjadi bagian dari Amigdala,” tulis Amigdala pada Kamis (10/2/2022) seperti dikutip dari Bisnis.com pada Jumat (11/2/2022).

Band beranggotakan 4 orang itu kemudian mengakui bahwa mereka salah karena membiarkan adanya tindakan kekerasan seksual terjadi. “Kami mengakui bahwa kami telah abai dan membiarkan kekerasan terjadi sekian lama dalam tubuh kami, maka dari itu kami berkomitmen untuk belajar dan menyikapi kasus kekerasan seksual secara serius dan mengutamakan pemenuhan hak-hak penyintas,”demikian bunyi pernyataan tersebut.

Baca Juga: Kukira Kau Rumah Bakal Diputar di Tiga Negara Tetangga Ini

Pihaknya pun berkomitmen untuk memastikan tidak ada lagi kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan mereka. Seperti diketahui, Amigdala dan Aya Canina viral setelah film Kukira Kau Rumah yang dibintangi Prilly Latuconsina tayang di bioskop. Film yang diadaptasi dari Amigdala yang dinyanyikan oleh Aya itu ternyata menyimpan kisah sedih di belakangnya.

Sementara film karya sineas Indonesia itu mendapatkan respons positif. Menilik dari antusiasme penggemar yang besar, film ini bakal ditayangkan juga di negara tetangga yakni Singapura, Malaysia dan Brunei. Pemutaran film di luar negeri ini menjawab permintaan penggemar di berbagai media sosial. “We heard you! Kukira Kau Rumah is coming to Malaysia, Singapore & Brunei! See you soon,” tulis Prilly Latuconsina sebagai pemeran Niskala dalam Kukira Kau Rumah, belum lama ini.

Baca Juga: 3 Hari Tayang, Kukira Kau Rumah Berhasil Raup 400.000 Lebih Penonton

Selain Prilly, akun yang membahas film di Malaysia, All About Film, bahkan sudah mengkonfirmasi rencana tayang Kukira Kau Rumah di Twitter. “COMING SOON!!! KUKIRA KAU RUMAH will release in Malaysia, soon,” cuitnya.

Umay Shahab pun mencuitkan hal serupa, pada Minggu (6/2/2022). “Kukira Kau Rumah goes to Malaysia, Singapore, Brunei. Confirmed,” cuitnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya