SOLOPOS.COM - Ilustrasi. (chip.co.id)

Solopos.com, JAKARTA – Jagat maya dihebohkan kabar tentang penipuan berkedok PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) dan iklan akun BCA palsu di Instagram yang menawarkan program upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan BCA Prioritas.

Selain itu, terdapat penipuan yang menawarkan pendaftaran kartu kredit BCA atau ganti ke kartu chip dengan tujuan penipuan pada aplikasi BCA mobile atau BCA kartu kredit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami mencermati bahwa belakangan ini cybercrime sering terdengar seiring semakin pesatnya perkembangan digital,” ujar Direktur BCA Haryanto T. Budiman dalam keterangan tertulis, Rabu (8/6/2022) seperti dilansir Bisnis.

Dia memaparkan salah satu jenis kejahatan siber yang kerap terjadi adalah penipuan online dengan munculnya iklan di media sosial dan meminta data pribadi, seperti nomor kartu kredit, personal identification number (PIN), dan one-time password (OTP). Menurutnya, hal ini patut diwaspadai oleh nasabah karena BCA tidak pernah meminta data pribadi dalam bentuk apapun.

Ekspedisi Mudik 2024

“Jangan pernah memberikan data pribadi Anda kepada siapapun,” kata Haryanto. Terkait hal tersebut, BCA telah merangkum modus-modus penipuan yang biasa terjadi.

Baca Juga: Catat, Ini Syarat Jadi Nasabah Prioritas BCA (BBCA)

Pertama, mendapat telepon atau WhatsApp dari nomor yang mengatasnamakan BCA dan menawarkan untuk upgrade ke BCA Solitaire dan Prioritas, apply kartu kredit BCA atau ganti ke kartu chip.

Kedua, ketika sedang membuka Instagram, nasabah mendapat iklan di Instagram Palsu yang seolah-olah dari akun resmi BCA dan menawarkan untuk upgrade ke BCA Solitaire dan Prioritas, apply kartu kredit BCA atau ganti ke kartu chip.

EVP Individual Customer Business Development BCA, Adrianus Wagimin, menambahkan nasabah BCA Solitaire dan Prioritas merupakan keanggotan bersifat eksklusif dan undangan.

“Oleh sebab itu, menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas, tidak hanya berdasarkan nominal deposito atau tabungan nasabah di BCA,” tutur Adrianus.

Baca Juga: Bank BCA (BBCA) Beri Pinjaman Rp100 Miliar ke Bank Oke (DNAR)

Berikut imbauan BCA terkait modus penipuan untuk jadi Nasabah BCA Solitaire dan BCA Prioritas Nomor telepon Halo BCA adalah 1500888 tanpa awalan 021 atau +62.

Adapun, nomor resmi WhatsApp bank BCA adalah 08111500998 dengan centang hijau.

Akun resmi Instagram BCA hanya @GoodlifeBCA Website resmi BCA adalah www.bca.co.id dan situs web BCA Solitaire dan Prioritas adalah www.prioritas.bca.co.id serta aplikasi BYC Apps. Jika ada selain ini dapat dipastikan palsu.

Keanggotaan BCA Solitaire dan Prioritas hanya bisa didapatkan melalui syarat dan ketentuan tertentu dan undangan dari pihak BCA secara langsung melalui surat resmi kepada nasabah.

Baca Juga: Waspada! Penipuan Online Manfaatkan Emosi Korban, Kenali Ciri-cirinya

Jika ada pihak lain yang menawarkan jasa upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas melalui media sosial (Instagram, Facebook, atau Whatsapp), sudah pasti itu penipuan. Awas link palsu. Jangan di klik atau mengisi data-data pribadi.

BCA tidak pernah meminta nasabah untuk mengisi data-data pribadi melalui sarana apapun termasuk link. Jaga selalu kerahasiaan data pribadi seperti nomor kartu Debit atau kartu kredit, PIN, CVV/CVC, OTP dan lain-lain.

Jika menemukan akun-akun palsu BCA di Instagram ads, para nasabah BCA dapat melaporkan ke akun resmi Instagram BCA, @GoodlifeBCA atau melaporkannya ke pihak Instagram agar akun penipu ditangguhkan.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Viral Penipuan Berkedok Tawaran Jadi Nasabah BCA Prioritas, Ini Cirinya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya