SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Teknik pengereman sepeda motor di jalan berpasir. (Momotor.id)

Solopos.com, JOGJA — Pengendara sepeda motor saat melaju di jalan raya dihadapkan pada sejumlah kondisi jalan, seperti jalan tak rata jingga jalan berpasir.

Terkadang pengendara harus melakukan pengereman di jalan berpasir. Tentu ini butuh teknik teknik pengereman tersendiri, agar pengendara tidak terpleset akibat kurangnya traksi ban pada aspal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Astramotor-md.co.id, Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal berbagi tips melakukan pengereman di jalan berpasir.

“Melakukan pengereman di jalan berpasir jauh lebih beresiko dengan pengereman di jalan normal,” jelas Muhammad ali Iqbal.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Iqbal, kesalahan melakukan pengereman di jalan berpasir bisa membuat ban roda motor selip dan pengendara terjatuh.

Baca juga: Sandal Dinilai Tidak Memberikan Perlindungan Optimal saat Berkendara

“Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan agar pengereman di jalan berpasir lebih aman.” ungkap Muhammad Ali Iqbal.

Pengereman di jalan berpasir tidak boleh dilakukan secara mendadak (hard braking) karena memungkinkan roda terkunci dan selip. Teknik Pengereman harus dilakukan secara bertahap dan halus untuk meminimalisir resiko.

Jika tidak memungkinkan pengereman secara bertahap dan halus, hard braking harus dilakukan dengan menggunakan kedua rem.

Untuk mempermudah hal ini, sekarang seluruh skutik Honda telah dilengkapi dengan fitur Combi Brake System (CBS). Di mana saat pengendara menarik tuas rem kiri maka rem depan dan rem belakang akan bekerja secara bersamaan.

Baca juga: Mobil Listrik Rp75 Juta Dijual di Indonesia, Beneran Nih!

Saat menghadapi kondisi jalan yang tidak bagus baik itu dalam kondisi basah atau berpasir, fitur Anti-lock Braking System sangat membantu pengendara dalam melakukan pengereman secara optimal.

Fitur ini membuat roda tidak terkunci saat pengendara melakukan hard braking. Fitur ABS saat ini tersedia di Honda PCX 150, Honda PCX Hybrid, Honda ADV150, dan Honda SH150i.

“Penting bagi setiap pengendara sepeda motor mengetahui teknik pengereman sebelum melakukan pengereman di jalan berpasir, ” tutup Muhammad Ali Iqbal.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya