Awas! Sering Minum Minuman Bersoda Turunkan Imunitas
Solopos.com|lifestyle

Awas! Sering Minum Minuman Bersoda Turunkan Imunitas

Minuman bersoda memang terasa lezat tapi ada bahaya mengintai.

Solopos.com, SOLO–Berhati-hatilah bagi penggemar minuman bersoda lantaran bisa memicu beragam penyakit dan menurunkan imunitas tubuh. Padahal kekebalan tubuh sangat diperlukan di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Simak ulasan tentang bahaya minuman bersoda di tips kesehatan kali ini. Soda terutama terbuat dari gula, yang diketahui dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat menghambat cara tubuh Anda melawan penyakit.

Berikut adalah lima cara minuman bersoda dapat menghambat sistem kekebalan tubuh Anda seperti dilansir dari Times of India dan Bisnis.com, Sabtu (12/6/2021):

1. Memberi makan bakteri jahat

Hanya 350 ml soda mengandung sekitar 39 gram gula, yang merupakan penyebab banyak masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Gula berfungsi sebagai tempat berkembang biaknya bakteri dan virus dan membantu mereka menyebar dengan mudah ke seluruh tubuh. Gula juga menekan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: FKUI Buktikan Terapi Sel Punca Bisa Selamatkan Pasien Covid-19 Kritis

2. Meningkatkan risiko infeksi

Minuman bersoda meningkatkan risiko infeksi bukan hanya bagi penderita diabetes tipe 2 melainkan berlaku untuk semua orang. Gula dalam soda memengaruhi sel darah putih sistem kekebalan Anda, yang penting untuk melawan infeksi. Sel darah putih disebut sel darah pembunuh. Jadi, sebaiknya orang yang menderita diabetes tipe 2 tidak mengonsumsi soda.

3. Peradangan

terlalu sering minum minuman bersoda dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh, yang tidak hanya menghambat sistem kekebalan tetapi juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis di kemudian hari. Studi bahkan menemukan bahwa orang yang minum soda secara teratur versus mereka yang minum soda diet, susu atau hanya air putih. memiliki kadar asam urat yang lebih tinggi, yang dapat meningkatkan peradangan dan bahkan resistensi insulin.

Baca Juga: BTS Meal McD Viral, Sudah Tahu Perincian Kalorinya?

4. Peningkatan risiko obesitas

Kelebihan berat badan dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh dan minum soda secara teratur dapat menyebabkan penambahan berat badan dari waktu ke waktu. Soda menawarkan kalori kosong, yang berarti mereka tidak memiliki nilai gizi. Kalori dalam soda melakukan kebalikan dari membuktikan manfaat kesehatan apa pun – mereka menyebabkan kerusakan.

5. Meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Terlalu sering minum minuman bersoda dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Rutin minum minuman manis dapat menurunkan sensitivitas insulin seseorang, yang merupakan risiko utama untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Selain mengurangi soda, mengurangi lemak jenuh juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago