SOLOPOS.COM - Ilustrasi wajah cantik (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah rutinitas yang ternyata justru bisa merusak kulit wajah kita, salah satunya adalah kebiasaan di pagi hari yang tanpa sadar kita lakukan. Karena itu, kebiasaan ini harus dihindari.

Tips kecantikan kali ini membahas sejumlah rutinitas pagi yang bisa merusak kulit wajah karena  bisa  memicu tumbuhnya jerawat dan kerutan dini. Berikut ini dilansir dari Bright Side dan Suara.com, Minggu (21/11/2021), beberapa kebiasaan pagi hari yang bisa merusak kulit wajah:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1. Makan oatmeal setiap sarapan pagi

Rutinitas pagi yang bisa merusak kulit wajah adalah makan oatmeal setiap sarapan. Makan semangkuk oatmeal untuk sarapan adalah cara paling lezat dan sehat untuk memulai pagi hari. Tapi, memakannya setiap hari bisa membahayakan tubuh dan kulit tanpa disadari.

Baca Juga: Ini Manfaat Lain Vaksin Influenza terhadap Infeksi Covid-19

Saat Anda makan oatmeal terlalu sering, Anda justru melupakan nutrisi penting lainnya dari tubuh. Pada akhirnya, hal ini bisa menyebabkan Anda kekurangan gizi dan kulit lebih kering serta bersisik.

2. Mandi terlalu lama

Mandi air panas terlalu lama mungkin sangat menenangkan di pagi hari ketika cuaca dingin. Tapi, kebiasaan mandi air panas setiap pagi bisa berdampak buruk pada kulit.  Air panas bisa merusak lapisan pelindung kulit yang mengunci kelembapan sehingga mempercepat proses penuaan. Meskipun Anda hanya sekadar mencuci muka setiap pagi, kebiasaan ini tetap merusak kapiler di wajah.

Baca Juga: Waspada! Pewarna Makanan Tertentu Bisa Picu Radang Usus

3. Minum kopi di pagi hari

Banyak orang kebiasaan minum kopi sebelum beraktivitas di pagi hari. Selain rasanya yang enak, minum kopi memang bermanfaat untuk kulit. Tapi, meminumnya setiap hari sebelum sarapan lebih menyebabkan kerusakan pada kulit dibandingkan manfaatnya.

Kopi adalah diuretik kuat yang bisa menyebabkan kulit dehidrasi. Pada gilirannya, kebiasaan ini akan mempersulit racun untuk keluar dari tubuh Anda melalui kulit dan membuatnya lebih rentan terhadap kerutan dini.

4. Mengoles tabur surya hanya saat panas

Tabir surya membantu melindungi kulit Anda saat cuaca panas, tetapi ini juga bisa mencegah penuaan kulit ketika Anda hanya di dalam ruangan sepanjang hari. Meskipun kaca yang digunakan di mobil, rumah, dan jendela kantor menghalangi sebagian besar sinar UVB. Kcaa ini tetap tidak melindungi kulit Anda dari sinar UVA yang berbahaya.

Baca Juga:  Bunga Zainal Akui Nikahi Suami Karena Harta, Begini Respons Warganet

Jika Anda bekerja di kantor sepanjang hari dan tidak menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, tetap lebih baik menggunakan tabir surya untuk membantu kulit Anda awet muda lebih lama.

5. Pakai perawatan kulit yang sama terus-menerus

Kebanyakan orang mungkin menggunakan produk perawatan kulit yang sama untuk pagi dan malam hari dalam jangka waktu lama. Hal ini mungkin lebih simple dan hemat, tetapi buruk untuk kulit tanpa disadari.

Pakai produk perawatan kulit yang sama dalam jangka waktu panjang justru akan memperburuk kulit. Karena itu, dokter kulit merekomendasikan Anda mengubah rutinitas perawatan kulit sesuai musim untuk membantu memperbaiki atau menjaga penampilan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya