SOLOPOS.COM - Pengaman tambahan untuk mencegah pencurian motor. (Astramotor.co.id)

Solopos.com, SOLO — Aksi pencurian motor di Sukoharjo dalam waktu berdekatan membuat pemilik sepeda motor waspada. Agar hal ini tidak terjadi pada kendaraan Anda, ada baiknya lakukan beberapa cara pencegahan.

Dikutip dari Astramotor.co.id, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mencegah terjadinya pencurian sepeda motor.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kunci stang ke arah kanan

Pada umumnya mengunci stang motor ke arah kiri. Padahal, mengunci stang sepeda motor ke arah kanan dinilai lebih aman. Karena mengunci stang ke arah kanan, ruang gerak kunci T yang biasa digunakan oleh para pelaku pencurian motor lebih sempit. Sehingga menambah lama waktu dan sulit bagi pelaku untuk membobolnya.

Berikan pengaman tambahan

Anda bisa menambahkan pengaman tambahan di sepeda motor seperti memasang gembok di cakram bagian depan ataupun belakang. Bahkan, jika ingin lebih aman, bisa memasangnya di kedua cakram menggunakan gembok baja maupun gembok kode sehingga pelaku pencurian kesulitan saat membobolnya.

Baca juga: Ini Lokasi Kamera Tilang Elektronik ETLE di Tol Terbaru

Pasang alarm

Kamu bisa memasang alarm pada motor kamu. Alarm ini bertujuan untuk memberitahu kamu kalau motormu sedang dicuri. Pemasangan alarm bisa kamu lakukan di bengkel-bengkel resmi sepeda motormu.

Pasang GPS Tracker

GPS Tracker bisa kamu pasang pada sepeda motor untuk mengantisipasi pencurian motor. Dengan memasang alat ini, kamu bisa mengetahui atau melacak di mana letak sepeda motormu saat dibawa oleh pencuri melalui telepon atau komputer.

Baca juga: Ditinggal Salat Subuh, Motor di Halaman Masjid di Nguter Sukoharjo Raib

Kabel Busi
Kabel Busi (Astramotor.co.id)

Lepas kabel busi

Cara yang satu ini mungkin cukup rumit namun terbilang sangat ampuh untuk menghindari pencurian motor yakni ialah melepas kabel busi. Ketika kabel busi dilepas, motor tidak akan menyala meskipun kunci kontak sudah terpasang dan coba dinyalakan.

Trik ini sangat efektif karena biasanya pencuri akan secepat mungkin melakukan aksinya agar tidak ketahuan. Ketika motor tidak mau menyala, pencuri akan panik dan berpotensi operasinya gagal sangat besar. Jangan lupa sembunyikan kabel businya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya