Awas! Masih Ada Potensi Ancaman Lahar Hujan di Kali Woro Klaten

Musim hujan diperkirakan terjadi hingga April 2022 dengan puncak musim hujan di Klaten diprediksi pada Januari 2022
Awas! Masih Ada Potensi Ancaman Lahar Hujan di Kali Woro Klaten
SOLOPOS.COM - Aktivitas penambangan pasir di dasar Kali Woro, Kemalang, Klaten, Kamis (2/12/2021). (Solopos/Taufik Sidiq Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten mewanti-wanti para penambang pasir di alur Kali Woro, Kemalang, Klaten tak lengah. Pasalnya, potensi banjir lahar hujan masih kerap terjadi.

Potensi banjir lahar hujan masih memungkinkan terjadi. Terlebih musim hujan diperkirakan terjadi hingga April 2022 dengan puncak musim hujan di Klaten diprediksi pada Januari 2022.

 

Puluhan truk berada di dasar Kali Woro, Kemalang, Klaten untuk mengambil pasir. (Solopos/Taufik Sidiq Prakoso)

 

Kewaspadaan dini terhadap ancaman banjir lahar hujan menjadi salah satu rekomendasi yang dikeluarkan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan (BPPTKG).

Rekomendasi itu dikeluarkan BPPTKG setiap mengeluarkan informasi tentang perkembangan aktivitas Gunung Merapi yang hingga kini masih berada pada level siaga.

Selain kewaspadaan terhadap aliran lahar hujan pada alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi, ada potensi bahaya guguran lava dan awan panas sejauh 3 km ke arah Kali Woro dan 5 km ke arah Kali Gendol, Kali Kuning, Kali Boyong, Kali Bedog, Kali Krasak, Kali Bebeng, dan Kali Putih. Pasalnya, hingga kini tingkat aktivitas vulkanik Merapi berada pada level siaga.

 

Warga menambang pasir secara manual di dasar Kali Woro, Kemalang, Klaten, Kamis (2/12/2021). (Solopos/Taufik Sidiq Prakoso)

 

Penambang pasir istirahat sambil membeli jajanan di dasar Kali Woro, Kemalang, Klaten, Kamis (2/12/2021). (Solopos/Taufik SIdiq Prakoso)


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago