SOLOPOS.COM - Hoaks tentang link pendaftaran BPUM. (Istimewa-Disdagkop dan UKM Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo memastikan link pendaftaran Bantuan Pelaku Usaha Mikro atau BPUM tahap 2 Tahun 2021 yang beredar di masyarakat adalah hoaks.

Informasi link pendaftaran BPUM tersebut menyebar secara masif melalui grup perpesanan WhatsApp (wa). Tak ayal, hal itu membuat Disdagkop dan UKM Sukoharjo kebanjiran laporan dari masyarakat yang menanyakan informasi kebenaran tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Kami pastikan link pendaftaran BPUM tahap 2 Tahun 2021 yang beredar di masyarakat adalah hoaks," kata Kepala Disdagkop dan UKM Sukoharjo Sutarmo kepada Solopos.com, Rabu (13/1/2021).

Sejarah Hari Ini: 13 Januari 1610, Galileo Galilei Temukan Callisto

Sutarmo mengatakan saat ini belum ada informasi resmi dari Kementerian terkait BPUM tahun 2021. Masyarakat pun diminta agar berhati-hati dan tidak mengisi data melalui link tersebut.

Sebab pemerintah belum membuka pendaftaran BPUM tahun ini. Sutarmo mengaku banyak masyarakat menanyakan terkait beredarnya link pendaftaran BPUM yang sudah beredar tersebut.

Dirinya menduga ada oknum yang sengaja membuat google form yang mirip dengan pendaftaran BPUM sebelumnya.

Data Pribadi Masyarakat

Dalam google form yang beredar, warga diminta memasukkan nama, nomor kartu tanda penduduk (KTP), nomor handphone, nomor rekening, dan alamat lengkap.

Diperkirakan oknum tersebut sengaja membuat google form layaknya pendaftaran BPUM untuk mencari data-data pribadi masyarakat.

Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac, Presiden Jokowi: Nggak Terasa Apa-Apa

Yang jelas, Sutarmo mengaku sudah melakukan kroscek ke kementerian dan dipastikan info berupa link pendaftaran BPUM tahap 2 tahun 2021 tersebut hoaks.

Untuk itu, Sutarmo mengimbau agar masyarakat tidak mengisi google form tersebut. Jika pemerintah pusat sudah membuka pendaftaran secara resmi, pihaknya akan mengumumkannya pada masyarakat.

Yang jelas, saat ini belum ada pendaftaran BPUM tahap 2 tahun 2021. "Intinya masyarakat agar hati-hati dan tidak mengisi google form itu," pintanya.

Stasiun Klaten dan Purwosari Solo Kini Layani Tes Cepat Antigen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya