SOLOPOS.COM - Ilustrasi alami gangguan pendengaran (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA--Kekurangan Vitamin B12 akan menimbulkan gangguan pendengaran.Hal ini berdasarkan temuan penelitian di Israel yang diterbitkan dalam American Journal of Otolaryngology.

Bagaimana kekurangan vitamin B12 bisa picu gangguan pendengaran? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini. Selama ini vitamin B12 menjalankan tiga peran utama dalam tubuh yaitu membantu menjaga kesehatan saraf, sel darah, dan mengisi materi genetik di semua sel. Mengingat kontribusinya yang sangat besar, tidak mengherankan jika kadar vitamin B12 yang rendah dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk suara yang tidak biasa dan konstan di telinga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bunyi yang didengar saat menderita tinitus atau dengungan telinga tidak disebabkan oleh suara eksternal, dan orang lain biasanya tidak dapat mendengarnya. Penelitian menemukan tinitus dikaitkan dengan defisiensi vitamin B12. Setelah itu, pasien membaik dengan terapi tambahan B12.

Baca Juga: Sindrom Anak Tunggal, Mitos atau Fakta?

Melansir dari Express dan Bisnis.com, Sabtu (22/5/2021), vitamin B 12 diperlukan untuk menghasilkan myelin, selubung pel6indung dan insulatif yang mengelilingi saraf. Kekurangan vitamin B12 menyebabkan komunikasi antarsaraf memburuk, mekanisme terganggu yang dapat menyebabkan tinitus.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine National Institutes of Health AS, peran terapeutik vitamin B12 dalam tinitus dianalisis lebih lanjut. Studi tersebut mencatat kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan demielinasi neuron di saraf koklea yang mengakibatkan gangguan pendengaran dan tinnitus. Selain itu, tingkat vitamin B12 dan folat yang rendah dikaitkan dengan kerusakan mikrovaskulatur stria vascularis yang dapat mengakibatkan penurunan potensi endokochlear, gangguan pendengaran dan tinnitus.

Ada beragam gejala kekurangan vitamin B12. Berikut ini adalah beberapa di antaranya seperti mengutip alodokter.com :

1. Mudah lelah dan merasa lemah

Salah satu gejala kekurangan vitamin B12 adalah kelelahan dan kelemahan. Kondisi ini dapat terjadi karena bila tubuh minim pasokan nutrisi ini dapat menurunkan produksi sel darah merah yang berperan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Hb Rendah Pertanda Kekurangan Hemoglobin, Ketahui Penyebabnya

Saat produksi sel darah merah menurun, oksigen tidak dapat diedarkan ke seluruh tubuh secara maksimal. Efeknya, sel-sel tubuh kekurangan oksigen yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi dan akhirnya Anda akan mudah lelah dan merasa lemah, meskipun aktivitas yang dilakukan tidak begitu berat.

2. Kulit pucat

Kulit pucat juga bisa menjadi pertanda dari kurangnya asupan vitamin B12. Saat produksi sel darah merah menurun akibat kekurangan vitamin B12, tubuh akan mengutamakan aliran darah ke organ-organ vital seperti otak dan paru-paru daripada ke kulit. Akhirnya, kulit akan terlihat lebih pucat.

Selain itu, sel darah merah yang diproduksi saat tubuh kekurangan vitamin B12 juga akan berukuran lebih besar, sehingga sulit untuk masuk ke pembuluh darah kulit yang berukuran kecil.

3. Sesak napas

Sudah diketahui sebelumnya bahwa kekurangan vitamin B12 akan membuat jaringan tubuh minim pasokan oksigen. Nah, ketika minim oksigen, tubuh akan meningkatkan laju pernapasan dengan maksud memperbanyak pengambilan oksigen dari paru-paru. Akibatnya, napas menjadi lebih cepat dan pendek-pendek.

4. Kesemutan

Dalam jangka panjang, kekurangan vitamin B12 bisa memicu terjadinya kerusakan saraf. Pasalnya, vitamin B12 turut berperan terhadap metabolisme pembentukan myelin, yaitu lemak yang melapisi dan melindungi saraf.

Jika tubuh kekurangan vitamin B12, myelin tidak dapat diproduksi dengan semestinya dan fungsi sistem saraf juga tidak dapat berfungsi dengan baik. Gangguan fungsi saraf ini dapat berupa kesemutan atau parestesia pada kaki dan tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya