SOLOPOS.COM - Pengunjung memenuhi lapak-lapak pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Minggu Pagi Alun-alun Karanganyar pada Minggu (6/3/2022). (Solopos/Indah Septiyaning Wardhani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Berkaitan dengan Hari Raya Iduladha 1443 H/2022 M yang akan dirayakan oleh masyarakat pada Sabtu (9/7/2022) dan Minggu (10/7/2022), Pasar Sabtu dan Pasar Minggu di kota Karanganyar diliburkan pada hari tersebut.

Kebijakan ini dituangkan dalam surat pemberitahuan Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disdagnakerkop UKM) Karanganyar bernomor 510/2280.7.2/2022 tertanggal 7 Juli 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Disdagnakerkop UKM Karanganyar, Martadi, mengatakan kebijakan itu untuk menghormati Hari Raya Iduladha.

Selain itu, Alun-alun Karanganyar dan Masjid Agung Madaniyah Karanganyar yang berada di dekat Pasar Sabtu dan Pasar Minggu juga akan digunakan untuk pelaksanaan salat Iduladha.

Baca Juga: Dipakai Salat Iduladha, Jl. Sukowati Sragen Mulai Ditutup Jam Segini

“Umat muslim kan merayakan Lebaran Iduladha. Ada yang salat hari Sabtu dan ada yang salat hari Minggu. Dan lokasi Salat Iduladha di alun-alun dan Masjid Agung sangat dekat dengan lokasi utama Pasar Sabtu dan Pasar Minggu. Sehingga aktivitas kedua pasar kali ini diliburkan,” ujarnya, Jumat (8/7/2022).

Para pedagang dan masyarakat di seputaran kota Karanganyar diklaim sudah mendapatkan sosialisasi soal itu.

Selain Pasar Sabtu dan Pasar Minggu diliburkan, kegiatan Car Free Day (CFD) hari Minggu di sepanjang Jl Lawu juga diliburkan. Jalan tersebut tetap dibuka untuk memberikan akses kepada masyarakat yang akan menjalankan Salat Iduladha.

Baca Juga: Agar Terhindar Bakteri, Begini Cara Menyimpan Daging yang Benar

“CFD juga diliburkan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang akan menjalankan ibadah,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan (Dishub) Karanganyar, Bambang Prasetyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya