SOLOPOS.COM - Ratusan kendaraan bernopol luar Karanganyar diminta putar arah saat penerapan pembatasan mobilitas kendaraan yang diterapkan di jalur wisata Minggu (22/8/2021). Hal tersebut untuk mengantisipasi adanya lonjakan pengunjung di kawasan wisata Tawangmangu. Penyekatan dilakukan setiap hari Minggu selama PPKM Level 4 diberlakukan. (Solopos/Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Polres Karanganyar melakukan operasi penyekatan arus lalu lintas pada akhir pekan ini. Penyekatan sudah dimulai sejak Jumat (27/8/2021) dan akan berlanjut pada Sabtu (28/8/2021) dan Minggu (29/8/2021).

Tetapi, kali ini Satlantas Polres Karanganyar tidak akan meminta pengendara berputar balik jika ketahuan tidak membawa syarat-syarat yang dibutuhkan. Hal itu berkaitan dengan program Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah (Jateng) untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Polisi M Rudy Syafirudin, menyampaikan sasaran penyekatan pada libur akhir pekan ini bukan penindakan, tetapi edukasi kepada pengguna jalan. Petugas lapangan akan mengingatkan kembali tentang protokol kesehatan (prokes) dan kewajiban vaksin bagi masyarakat.

Baca Juga: Tak Terlihat 3 Hari, Perempuan Gondangrejo Karanganyar Ditemukan Meninggal di Rumahnya

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Sarwoko, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Muchammad Syafi Maulla, membenarkan penyekatan pada libur akhir pekan menindaklanjuti instruksi Ditlantas Polda Jateng.

“Penyekatan sebelumnya kan sudah. Nah ini kami ubah polanya. Bukan sekadar memutarbalikkan kendaraan. Prioritas pada edukasi dan imbauan prokes. Itu yang akan kami lakukan di lokasi penyekatan sebelumnya, Sumokado, warung pojok, dan depan hotel BIP Tawangmangu. Kegiatan dimulai Jumat.” Kata Sarwoko kepada Solopos.com melalui telepon, Jumat (27/8/2021).

Baca Juga: Beri Kelonggaran Saat PPKM, Pemkab Karanganyar Fokus Dorong Pemulihan Ekonomi

Dari tiga lokasi yang sebelumnya menjadi lokasi penyekatan, Sarwoko mengungkapkan Polres Karanganyar memprioritaskan penyekatan wilayah perbatasan Jateng dengan Jawa Timur (Jatim), yakni Cemara Kandang. Selain penyekatan, ia menyebut Satlantas Polres Karanganyar akan melaksanakan rekayasa arus lalu lintas di sejumlah lokasi berpotensi macet.

“Kalau arus lalu lintas padat merayap ya kami ambil langkah-langkah rekayasa lalu lintas. Tujuannya kan semuanya baik yakni dalam rangka meminimalkan persebaran Covid-19. Selain itu menghindari kerumunan karena Tawangamangu menjadi salah satu kawasan wisata di Kabupaten Karanganyar,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya