SOLOPOS.COM - Ilustrasi BCA. (idxchannel.com)

Solopos.com, JAKARTA – Pernah melihat penawaran menarik menjadi nasabah BCA Prioritas di media sosial? Pihak BCA mengimabu masyarakat berhai-hari terhadap modus penipuan.

Baca Juga: MyBCA Bakal Perkuat Mobile Banking BCA, Apa Keunggulannya?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nasabah PT Bank Central Asia Tbk. atau BCA sebaiknya semakin berhati-hati karena banyak beredar iklan dari akun BCA palsu di media sosial. Khususnya untuk platform Instagram yang menawarkan program menjadi nasabah BCA Prioritas.

Ekspedisi Mudik 2024

“Jika kamu sedang membuka Instagram dan kamu merupakan nasabah BCA yang menjadi target incaran si pelaku, jangan kaget atau cepat senang kalau dapat iklan di Instagram yang seolah-olah dari akun resmi BCA, dan menawarkan promo upgrade ke kartu BCA Prioritas,” tulis BCA dikutip dari laman resmi, Minggu (10/4/2022).

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Kredit BCA dan BRI Secara Online

Pihak perseroan menjelaskan biasanya akun BCA palsu tersebut mencantumkan syarat dan ketentuan yang ringan, misalnya memiliki saldo tersimpan di tabungan, giro, atau investasi. Selain itu, akun BCA palsu juga memberikan iming-iming bebas biaya bulanan dan biaya tahun. Padahal, menjadi nasabah BCA Prioritas memiliki syarat dan ketentuan resmi.

Baca Juga: Gampang, Begini Cara Tukar Uang Asing di Bank BRI dan BCA

Dari kasus-kasus yang ditemukan, penipu biasanya memalsukan akun Instagram dan situs web BCA. Berikut ini tips ketika menemukan modus penipuan melalui akun palsu BCA di Instagram:

  1. Akun resmi Instagram BCA hanya @GoodlifeBCA. Situs resmi BCA adalah bca.co.id dan situs prioritas.bca.co.id serta aplikasi BYC Apps. Jika ada selain itu, dapat dipastikan itu palsu.
  2. Keanggotaan BCA Prioritas hanya didapatkan melalui syarat dan ketentuan tertentu dan undangan dari pihak BCA. Jadi, ketika ada pihak lain yang menawarkan cara instan menjadi nasabah BCA Prioritas sudah pasti itu adalah modus penipuan.

Baca Juga: Bayar Tagihan XL Prioritas Pakai KK BCA, Ada Cashback hingga Rp350.000

  1. Awas link palsu dan jangan diklik, apalagi mengisi data-data pribadi. BCA tidak pernah meminta nasabah untuk mengisi data-data pribadi melalui sarana apapun termasuk link. Jaga selalu kerahasiaan data pribadi seperti nomor kartu, PIN, CVV/CVC, dan OTP.

Berita ini sudah tayang di Bisnis.com berjudul: Simak Tips Menghindari Penipuan Akun BCA Palsu di Instagram

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya