SOLOPOS.COM - Pengumuman penutupan Jl Kapten Mulyadi mulai dari Simpang Baturono ke selatan sampai simpang tiga Jl Kahar Muzakir. (Instagram @dpupr_surakarta)

Solopos.com, SOLO — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Solo mengumumkan untuk sementara Jl Kapten Mulyadi ruas Simpang Baturono ke selatan sampai Simpang Tiga Jl Kahar Muzakir, Pasar Kliwon, ditutup. Penutupan jalan berlangsung mulai Senin (25/7/2022) hingga Minggu (31/7/2022).

“Ijin Pemberitahuan Penutupan sementara Jl Kapten Mulyadi (Ruas Perempatan Baturono s/d Simpang tiga pertemuan Jl Kahar Muzakir) akibat pelaksanaan Pekerjaan Peningkatan Kualitas Jl Kahar Muzakir Tahun Anggaran 2022,” demikian keterangan pada unggahan akun Instagram DPUPR Solo, @dpupr_suakarta, Minggu (24/7/2022).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Unggahan itu juga di-repost atau diunggah ulang di akun Instagram Dinas Perhubungan @dishubsurakarta. DPUPR mempersilakan pengguna jalan khususnya bus dan truk yang biasa menggunakan jalur tersebut untuk sementara mengambil jalur alternatif.

Ada pun jalur alternatif yang memungkinkan dilewati adalah Jl Kyai Mojo (dari simpang Baturono ke timur), Jl Veteran (Simpang Baturono ke barat) atau Jl Kahar Muzakir. Kendaraan roda dua dan warga sekitar dalam tetap melintasi jalan dari Simpang Baturono, Solo, ke selatan yang ditutup itu.

Namun, hal itu dengan menyesuaikan kondisi di lapangan. “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan harap selalu berhati-hati dalam berkendara. Terimakasih,” tulis pengelola akun @dpupr_surakarta.

Baca Juga: Jl Juanda Solo Diperbaiki, Ribuan Kendaraan Mesti Cari Rute Alternatif

Sebelumnya, pada Jumat (22/7/2022), DPUPR Solo juga mengunggah informasi mengenai rapat membahas manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) terkait pekerjaan pengaspalan Jl Kahar Muzakir.

Pekerjaan peningkatan Jl Kahar Muzakir yang membuat Jl Kapten Mulyadi, Solo, ditutup mulai dari Simpang Baturono ke selatan itu sudah dimulai beberapa hari sebelumnya dengan pembersihan sedimen. Tumpukan sedimen di saluran air sepanjang jalan tersebut cukup tinggi sehingga membuat saluran dangkal.

Setelah sedimen dikeruk, saluran air di pinggir jalan tersebut kemudian ditutup dengan cor.

Baca Juga: Jl Juanda dan Jl Surya Jebres Solo Diperbaiki, Siap-Siap Macet Lur!



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Sejumlah Kapal Terbakar di Pelabuhan Cilacap, Kerugian Belum Dihitung

Sejumlah Kapal Terbakar di Pelabuhan Cilacap, Kerugian Belum Dihitung
author
Newswire , 
Mariyana Ricky P.D Jumat, 26 April 2024 - 10:35 WIB
share
SOLOPOS.COM - Petugas gabungan berupaya memadamkan kebakaran yang dialami sejunlah kapal di Dermaga 3 Pelabuhan Perikanan Samudra (PPS) Cilacap, Kamis (25/4/2024) malam. ANTARA/HO-BPBD Cilacap

Solopos.com, CILACAP – Petugas gabungan dari berbagai instansi melakukan upaya pemadaman terhadap kebakaran yang dialami sejumlah kapal di Pelabuhan Perikanan Samudra (PPS) Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (25/4/2024) malam.

Saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap Bayu Prahara mengatakan kebakaran di Dermaga 3 PPS Cilacap tersebut pertama kali diketahui pada Kamis (25/4/2024), sekitar pukul 18.45 WIB.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Berdasarkan hasil identifikasi sementara, kebakaran tersebut menimpa empat kapal yang tengah bersandar di Dermaga 3 PPS Cilacap,” katanya, dilansir Antara.

Ia mengatakan empat kapal yang terbakar itu terdiri atas Kapal Lautan Berlian 1 GT 27 dan Kapal Mulia 16 GT 50 milik Ilu serta Kapal Hasil Melimpah 29 dan Kapal Selat Jaya 8 milik Aguan.

Koran Solopos

Dia menjelaskan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan, sedangkan kerugian jiwa dan material untuk sementara belum teridentifikasi.

“Hingga tengah malam, masih dilakukan oleh petugas gabungan dibantu masyarakat sekitar,” kata Bayu.

Ia mengatakan personel yang terlibat dalam upaya pemadaman kebakaran itu, berasal dari Kodim 0703/Cilacap, Pangkalan TNI Angkatan Laut Cilacap, Polresta Cilacap, Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Cilacap, BPBD Kabupaten Cilacap, PT Sumber Segara Primadaya (PLTU Karangkandri Cilacap), dan PT Pelindo (Persero) Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap.

Emagazine Solopos

Selain menyemprotkan air ke arah kapal-kapal yang terbakar, petugas juga melepas tali penambat untuk memisahkan kapal-kapal di Dermaga 3 PPS Cilacap agar kebakaran tidak merambat ke kepal lain.

Saat dihubungi secara terpisah, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Cilacap Sarjono belum bersedia memberikan keterangan terkait dengan insiden kebakaran kapal di Dermaga 3 PPS Cilacap.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Jelang Pilkada Sragen, Polres dan Tokoh Lintas Agama Gelar Doa Bersama

Jelang Pilkada Sragen, Polres dan Tokoh Lintas Agama Gelar Doa Bersama
author
Tri Rahayu , 
Kaled Hasby Ashshidiqy Jumat, 26 April 2024 - 10:29 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ratusan aparat polisi dan tokoh masyarakat lintas agama menggelar doa bersama menjelang Pilkada Sragen di Mapolres Sragen, Kamis (25/4/2024) malam. (Istimewa/Polres Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sragen 2024, Polres Sragen menggelar doa bersama lintas agama di Aula Satya Haprabu Mapolres Sragen, Kamis (25/4/2024) malam.

Doa bersama yang diikuti 247 orang dari kalangan ulama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan para perwakilan perguruan pencak silat itu dimaksudkan agar Kabupaten Sragen tetap aman dan terkendali selama pesta demokrasi digelar.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Tokoh agama yang hadir seperti dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), ada juga dari Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, MTA, LDII, dan Klasis GKJ Sragen. Kemudian dari tokoh pemuda dari BEM STIT Madina, KNPI, FKPPI, Pemuda Pancasila, Orang Muda Katholik, Pemuda Walubi Agama Buddha, Pemuda Hindu, GP Anshor, Pemuda Muhammadiyah, dan organisasi PSHT, IKSPI Kera Saksi, Pagar Nusa, dan lainnya.

Koran Solopos

“Pelaksanaan Pemilu 2024 di Sragen berjalan lancar dan aman tentu semua berkat dukungan seluruh elemen masyarakat. Pada kesempatan ini kami menggelar doa bersama dengan harapan untuk tetap menjaga dan menjalin kerukunan umat beragama. Dengan kerukunan maka dapat terwujud masyarakat yang guyub, rukun, aman, tentram, damai,” ujar Kapolres AKBP Jamal Alam.

Doa bersama ini juga sebagai wujud dukungan untuk pelaksanaan pilkada baik di tingkat Kabupaten Sragen maupun Provinsi Jateng pada 27 November 2024 mendatang.

Dalam doa bersama itu, Polres menghadirkan pembicara K.H. Muklis Mubarrok, pengasuh Ponpes Darrul Mukhlasin Al Mubarrok dari Dukuh Grasak, Desa Bendungan, Kecamatan Kedawung, Sragen. Muklis berharap dengan doa bersama pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan kondusif. Dia menyampaikan dengan rasa ikhlas dalam setiap tanggung jawab maka akan dilapangkan oleh Allah.

Emagazine Solopos

”Orang ikhlas hatinya akan lapang. Orang yang hatinya lapang hatinya tenang. Orang yang hatinya tenang akan bijak. Orang yang bijak akan menyelesaikan masalah dan menjadi orang sukses,” ujarnya.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

360 Bonsai Dipamerkan di GOR Sragen, akan Dipilih 10 Terbaik

360 Bonsai Dipamerkan di GOR Sragen, akan Dipilih 10 Terbaik
author
Tri Rahayu , 
Rohmah Ermawati Jumat, 26 April 2024 - 10:02 WIB
share
SOLOPOS.COM - Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati tertarik melihat salah satu bonsai di pameran dan kontes bonsai di GOR Diponegoro Sragen, Jumat (26/4/2024). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN–Sebanyak 360 bonsai dipamerkan dan dikonteskan dalam Pameran dan Kontes Bonsai Sragen yang dihelat Kamis-Minggu (25-28/4/2024). Dari ratusan bonsai itu diambil 10 best Ten dan akan dipilih bonsai yang terbaik atau best in show.

Meskipun kelas lokal tetapi peserta pameran bonsai itu justru banyak datang dari kabupaten di seputaran Sragen. Pameran dan kontes bonsai Sragen itu dibuka resmi oleh Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama para pejabat eselon II, Jumat (26/4/2024).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Penanggung jawab Bursa Pameran dan Kontes Bonsai Sragen, Sabat Sanyoto, menyampaikan ini pameran lokal tetapi nuansanya nasional karena pesertanya tidak hanya dari Sragen tetapi sejumlah kabupaten lain ikut serta, seperti dari Grobogan, Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Boyolali, dan dari Ngawi, Jawa Timur.

“Ada 360 bonsai yang dipamerkan dan ikut kontes yang terbagi atas dua kelas, yakni kelas prospek dan kelas jadi. Kebanyakan bonsai yang dipamerkan itu jenis ficus atau beringin. Tidak ada peserta yang dari Jakarta karena sifatnya lokal. Kami memang promosinya dibatasi kalau dibuka luas lokasinya tidak muat,” jelas Sabat.

Koran Solopos

Dia mengatakan bonsai-bonsai ini sudah dinilai oleh tim juri dari Solo didampingi para pengurus dari Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Sragen.

Dia mengatakan pameran dan kontes bonsai ini bersamaan dengan momentum Musyawarah Cabang (Muscab) PPBI Sragen. Dia mengatakan dari penilaian itu, juri menentukan 10 bonsai terbaik (best ten).

Ketua Panitia Pameran dan Kontes Bonsai Sragen, Handoyo, mengatakan penilaian dilakukan berdasarkan penampilannya, gerak dasarnya, keserasiannya, dan kematangan.

Emagazine Solopos

Dia menerangkan setiap item penilaian itu ada poin sendiri dan setiap point ada grade A, B, dan C. Dia mengungkapkan bagi bonsai yang masuk best ten, maka dari penilaiannya mendapat poin tinggi semua.

“Pameran ini diharapkan bisa bermanfaat bagi orang banyak, terutama komunitas yang bergerak di bonsai, baik petani, pedagang, maupun jasa pembentukan bonsai. Dengan pameran ini diharapkan minat masyarakat Sragen meningkat sehingga banyak anggotanya. Sragen selalu jadi acuan daerah lain karena dukungan dari Pemkab Sragen,” jelasnya.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan pameran dan kontes bonsai ini menjadi rangkaian pertama perhelatan Hari Jadi ke-278 Kabupaten Sragen. Dia melihat rangkaian pameran bonsai ini cukup banya, seperti ada workshop membentuk bonsai atau demo bonsai, muscab PPBI, dan seterusnya.

Interaktif Solopos

“Semoga semua agenda berjalan lancar dan peminat bonsai kian bertambah banyak, khususnya produk lokal Sragen. Harapannya harganya tidak mahal sehingga masyarakat tidak sekadar melihat saja tetapi juga membawa pulang,” jelasnya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories