SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan saham. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA  — Para investor terbagi antara apakah kenaikan 75 basis poin dan 50 basis poin oleh Fed akan datang bulan depan.

Namun, data baru-baru ini menyoroti kekuatan yang berkelanjutan di pasar tenaga kerja, untuk mengimbangi dua kuartal berturut-turut dari pertumbuhan ekonomi negatif, telah menyebabkan beberapa spekulasi bahwa laju kenaikan yang lebih terkendali dapat terjadi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Tekanan balik datang dari gagasan bahwa ini bukan tentang laju kenaikan ke depan dan bagaimana mereka memperketat kondisi keuangan, ini tentang durasi tetap pada sikap kebijakan yang membatasi itu,” kata Ahli Strategi Portofolio Natixis Investment Managers, Garrett Melson dikutip dari Antara.

Sementara itu, Direktur MNC Asset Managemen Edwin Sebayang memperkirakan IHSG bergerak di rentang 7.056 – 7.154.

“Katalis yang berpotensi menahan IHSG tidak jatuh tajam adalah kenaikan harga beberapa komoditas seperti batu bara 3,45 persen, minyak 0,51 persen dan nikel 1,34 persen berpotensi menjadi pendorong naik saham-saham dibawah komoditas tersebut.

Baca Juga: Konsisten Terapkan ESG, BRI Rebut 2 Penghargaan Utama Penghargaan ICAII 2022

Wall Street turun tajam pada akhir perdagangan Sabtu (27/8/2022) pagi WIB, sementara itu IHSG Senin (29/8/2022) hari ini diprediksi bergerak di rentang 7.056 – 7.154.

Indeks Dow Jones Industrial Average terjungkal 1.008,38 poin atau 3,03 persen, menjadi menetap di 32.283,40 poin.

Indeks SP 500 kehilangan 141,46 poin atau 3,37 persen, menjadi berakhir di 4.057,66 poin, sedangkan Indeks Komposit Nasdaq Composite merosot 497,56 poin atau 3,94 persen, menjadi ditutup pada 12.141,71 poin.

Semua 11 sektor utama SP 500 lebih rendah, dipimpin oleh penurunan antara 3,9 persen dan 4,3 persen pada sektor teknologi informasi, layanan komunikasi, dan konsumer non-primer.

Baca Juga: Antam Stagnan! Simak Harga Emas Pegadaian Jumat, 26 Agustus 2022

Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuan 25 basis poin menjadi 3,75 persen pada awal Selasa (23/8/2022).

Head of Equity Research, Strategy, Banking Samuel Sekuritas Prasetya Gunadi dalam risetnya mengatakan, saham dengan fundamental yang kuat dan prospek pendapatn yang baik akan mengungguli IHSG selama siklus kenaikan suku bunga.

“Dari segi sektor, kami memberikan rating overweight untuk sektor bank, consumer staples, telekomunikasi, dan menara telekomunikasi, dan rating netral untuk sektor kesehatan, unggas, semen, konstruksi, ritel, batu bara, dan properti. Terakhir, kami memberikan rating underweight untuk sektor peritel dan bank digital,” tulis Prasetya dalam risetnya, dikutip Senin (29/8/2022).

Dia menjelaskan, Samuel Sekuritas masih memberikan penilaian positif untuk sektor perbankan, dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) sebagai top picks teratas, disusul oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI).

Baca Juga: Diprediksi ke Zona Hijau Lagi, Cek Saham-Saham Ini

BBRI Chart by TradingView Pihaknya percaya bank dengan rekam jejak yang lebih baik dalam manajemen kualitas aset, serta didukung permodalan yang kuat, dan penetrasi yang lebih baik ke segmen hasil tinggi, akan mencetak pertumbuhan pendapatan tertinggi di masa depan.

Untuk sektor telekomunikasi, Prasetya mengatakan pihaknya menyukai sektor ini, mengingat potensi persaingan internalnya yang sudah menurun, peningkatan penggunaan smartphone dan pendapatan data, serta tren peningkatan neraca keuangan di sektor ini.

“Dalam jangka panjang, kami masih optimistis dengan prospek monetisasi data industri,” ucapnya.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya