SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Awal pekan, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Senin (15/8/2022) seiring dengan rilis data neraca perdagangan dan derasnya aliran dana asing ke pasar modal.

CEO Indosurya Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan mengawali pertengahan bulan kedelapan tahun 2022 menjelang Hari Kemerdekaan RI, IHSG masih menunjukkan capital inflow secara year to date yang tercatat di atas Rp50 triliun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hal ini menunjukkan minat investor yang masih cukup besar terhadap pertumbuhan pasar modal Indonesia,” jelasnya dalam publikasi riset seperti dilansir Bisnis.

Di sisi lain perkembangan kinerja emiten yang didorong oleh perbaikan perekonomian tercermin dari rilis data perekonomian yang stabil dapat turut mendongkrak kenaikan IHSG. Hari ini IHSG berpotensi menguat dalam rentang 7.002-7.223.

Ekspedisi Mudik 2024

Rekomendasi saham pilihannya adalah ASRI, PWON, BBCA, UNVR, KLBF, TBIG, HMSP, GGRM, ASII. Berdasarkan data Bloomberg, IHSG ditutup pada posisi 7.129,27 atau turun 0,43 persen pada Jumat (12/8/2022) lalu.

Baca Juga: Tren Penguatan IHSG Diprediksi Berlanjut, Cek Saham-Saham Ini

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan dalam risetnya menjelaskan, IHSG ditutup melemah dengan rentang cukup terbatas dikarenakan aksi profit taking oleh investor jelang libur akhir pekan.

“Pergerakan masih ditopang oleh musim rilis laporan kinerja per semester I/2022,” jelasnya. Dennies memprediksi IHSG akan melemah.

Secara teknikal, membentuk lower high dan lower low disertai stochastic yang membentuk deadcross mengindikasikan potensi pelemahan jangka pendek. Di awal pekan investor akan mencermati beberapa data ekonomi terutama trade balance.

Selain itu pasar diperkirakan bergerak terbatas dikarenakan hari perdagangan yang lebih sedikit di pekan ini. Selanjutnya, Dennies memperkirakan IHSG bergerak pada level support 7.085 dan 7.107 serta resistance 7.156 dan 7.183.

Adapun beberapa saham yang menjadi rekomendasi Dennies untuk perdagangan besok adalah PTPP, CTRA, TOWR.

Baca Juga: Stockbit Gelar Kompetisi Trading Saham bagi Mahasiswa, Ini Syaratnya

Di sisi lain, Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat nilai transaksi saham pekan kedua Agustus telah tembus Rp15 triliun seiring peningkatan IHSG.

Rata-rata nilai transaksi harian Bursa pekan ini juga mengalami perubahan, sebesar 9,35 persen menjadi Rp13,90 triliun dari Rp15,33 triliun pada penutupan pekan lalu.

Sebelumnya, BEI mencatat rata-rata nilai transaksi saham harian (RNTH) anjlok 68,33 persen ke posisi Rp5,25 triliun pada penutupan sesi I perdagangan Selasa (12/7/2022).

Baca Juga: Empat Emiten Siap Melantai, Kapitalisasi BEI Capai Rp9.294,8 Triliun

Jumlah itu turun hampir separuh dibandingkan dengan penutupan perdagangan hari sebelumnya Rp8,52 triliun pada Senin (11/7/2022).

Kemudian, rata-rata volume transaksi harian Bursa pada pekan ini mengalami peningkatan sebesar 6,08 persen menjadi 25,73 miliar saham dari 24,26 miliar saham pada penutupan pekan lalu.

Adapun investor asing pada Jumat (13/8/2022) mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp762,71 miliar dan sepanjang 2022 investor asing mencatatkan beli bersih sebesar Rp60,337 triliun.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya