SOLOPOS.COM - Ilustrasi Teknologi Rem Parkir Elektrik Toyota. (Gambar: Youtube)

Solopos.com, SOLO – Ada yang menarik dari unggahan foto yang ramai diperbincangkan mengenai bocoran seri terbaru Toyota Avanza Velos. Teknologi parkir elektrik yang dikenal dengan C-HR rupanya terlihat dalam foto yang bocor ke publik itu.

Dilansir Detik.com, Minggu (17/10/2021), perbedaan menonjol yang ditemui dari penampakan interior Avanza Velos baru itu adalah keberadaan tombol di konsul tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Toyota Innova Baru Disebut Bakal Dekati Konsep SUV

Tak terlihat tuas rem tangan di sana. Sementara itu, Toyota memang memiliki teknologi electronic parking brake atau EPB yang dikenal dengan Toyota C-HR.

Mengutip ulasan Jeff, vloger Amerika yang memiliki konsentrasi mengulas teknologi Toyota, EPB tersebut menggantikan peran rem tangan atau hand rem.

“Yang biasanya anda bisa lihat tarikan di konsul tengah, sekarang diganti dengan teknologi yang pengoperasiannya tinggal tekan tombol,” kata Jeff melalui saluran Youtube ToyotaJeff Reviews.

Baca Juga: Ratusan Penerima PKH di Klaten Ternyata Punya Mobil hingga Rumah Mewah

Jeff menggambarkan ada tuas persegi yang pengoperasiannya bisa dilakukan dengan jari. Tuas persegi itu berada di belakang tuas persneling ditandai dengan tulisan “P”.

Saat tuas persegi ini ditarik, tulisan “park” pada layar speedometer akan menyala. Untuk menonaktifkan fungsi ini, pengendara bisa dengan mudah menekan sedikit tuas persegi tadi.

Ada juga tombol “hold” di antara tuas persegi dan persneling. Jika tombol “hold” ditekan, makan dorongan tenaga mobil akan tertahan oleh sistem pengereman.

Baca Juga: Ahmad Dhani Unggah Kawasaki Lawas, Netizen: Sultan Jadul

Fungsi “hold” ini bisa digunakan saat pengendara berhenti pada lalu lintas padat dan memudahkan operasi rem tanpa menginjak pedal dalam waktu lama.

Jeff memberi peneliaian sistem pengereman ini efektif untuk menghindari rasa pegal di kaki karena menginjak rem terlalu lama. “Jika kaki menginjak rem lebih dari tiga menit maka sistem secara otomatis akan mengubah operasi dan rem parkir elektornik bekerja,” kata Jeff.

Baca Juga: Resmi, Jakarta Jadi Tuan Rumah Balap Mobil Listrik Formula E

Seperti diberitakan Solopos.com sebelumnya, belum ada rilis resmi mengenai foto yang bocor ke publik mengenai penampakan Toyota Avanza Velos terbaru itu. Namun, sejumlah pihak telah meyakini mobil dalam foto yang beredar itu adalah Toyota Velos terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya