SOLOPOS.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri (PM) Australia Tony Abbott. (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos. com, JAKARTA — Australia bertekad mengakhiri sengketa terkait isu penyelundupan manusia dengan Indonesia. Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan pemerintah Australia dan Indonesia berkomitmen untuk berdiskusi secara intensif untuk menyelesaikan isu penyelundupan manusia yang melalui kedua negara.

Isu penyelundupan manusia, jelasnya, sering menimbulkan sentimen negatif di dalam negeri Indonesia terhadap Australia dan sebaliknya. “Kami bertekad mengakhiri dendam (grudge) yang tidak hanya menyulut sentimen di kedua negara tapi juga bencana kemanusiaan,” katanya, Senin (30/9/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Abbott mengatakan Australia sadar bahwa masalah penyelundupan manusia terkait erat dengan permasalahan kedaulatan negara. Australia, tegasnya, menghormati sepenuhnya kedaultan dan keutuhan wilayah Indonesia. “Australia menghormati sepenuhnya kedaulatan Indonesia, penghormatan penuh atas integritas teritorial indonesia,” katanya.

Abbott mengatakan diskusi detail mengenai penyelundupan manusia akan diteruskan oleh Menko Polhukam Djoko Suyanto dan Menteri Perlindungan Perbatasan Australia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya