SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencuci mobil. (Autogeek.net)

Aturan unik tentang mencuci mobil datang dari India.

Solopos.com, NEW DELHI– Kota Changdigardh, India memiliki aturan unik yang melarang warganya mencuci mobil pada pagi hari. Jika kedapatan melanggar, hukuman berupa denda siap menanti.

Promosi BRI Lakukan Penyesuaian Jam Operasional Selama Ramadan, Cek Info Lengkapnya

Seperti dilansir laman Shiftinggears, Rabu (20/4/2016), aturan unik tersebut berisi larangan mencuci mobil pada pukul 05.30 sampai 08.30 pagi waktu setempat. Warga yang melanggar akan diganjar denda sebesar 2.000 rupee atau nyaris Rp400.000.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain mencuci mobil, aktivitas yang sifatnya membuang-buang air seperti mencuci pakaian dan menyiram tanaman juga dilarang. Bahkan ada petugas khusus yang ditugaskan berkeliling pada jam-jam tersebut untuk mengawasi aktivitas warga.

Setelah ditelusuri, alasan larangan mencuci mobil pada pagi hari itu karena Changdigardh merupakan salah satu kota dengan tingkat kekeringan terburuk di India. Air yang beredar di wilayah tersebut adalah hasil suplai dari kota-kota lain di sekitarnya.

Aturan unik serupa juga berlaku di Haryana, kota di bagian utara India. Tetapi bukan karena kota itu kekeringan, justru sebaliknya, Haryana merupakan wilayah dengan air yang melimpah.

Tetapi warganya justru sangat boros, tercatat ada 20 juta galon air yang terbuang sia-sia setiap harinya. Itu sangat disayangkan mengingat jumlah tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan 48.000 rumah di Changdigardh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya