Aturan Mal Solo Kian Longgar, Tak Perlu Lagi Ninggal Anak di Parkiran

Warga menyambut gembira pelonggaran aturan masuk mal Solo bagi anak-anak usia 5 tahun ke atas, mereka tak perlu meninggalkan anak di parkiran.
Aturan Mal Solo Kian Longgar, Tak Perlu Lagi Ninggal Anak di Parkiran
SOLOPOS.COM - Anak-anak usia di atas lima tahun berjalan bersama orang tuanya saat mengunjungi pusat perbelanjaan modern Solo Grand Mall (SGM), Solo, Rabu (6/10/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Aturan pembatasan usia masuk mal dan pusat perbelanjaan Kota Solo yang makin longgar menjadi kabar gembira bagi para orang tua. Mereka kini tak perlu lagi dihantui waswas karena harus meninggalkan anak di parkiran mal.

PromosiBlak-Blakan Wali Kota Gibran: Menciptakan Multiplier Effect Tirtonadi

Hal itu seperti diungkapkan Heni Triana, salah satu pengunjung Solo Grand Mall (SGM), Rabu (6/10/2021). Hari itu ia mampir ke mal setelah menjemput putranya, Farid, 9, di sekolahan. Sesampainya di mal, seperti biasa ia minta sang anak menunggu di area parkiran.

“Tadinya tak suruh nunggu sebentar di parkiran. Biasanya ya begitu. Makanya kaget saja tadi pas dibilang anak-anak boleh masuk. Ya senang sih, akhirnya bisa jenak pas belanja di mal,” ceritanya.

Baca Juga: Ruas Jalan Solo Ramai Seperti Sudah Tidak Pandemi, Tapi Ternyata..

Selain itu, Heni juga lega bisa lebih lama jalan-jalan di salah satu pusat perbelanjaan favoritnya tersebut. Banyak tenant yang ingin dikunjungi bersama putranya. Maklum ini kali pertama bisa mengajak anak masuk mal.

Sebelumnya selama hampir dua tahun, sesuai aturan anak-anak dilarang masuk mal Kota Solo karena pandemi Covid-19. Farid juga mengaku senang akhirnya bisa masuk mal.

Salah satu tempat yang ingin dikunjungi adalah food court SGM. Dulu ia biasa diajak makan bersama keluarga tiap liburan dan menikmati salah satu menu favoritnya yakni es krim.

Baca Juga: FPDIP DPRD Solo Usulkan Ada Dana Hibah untuk Pesantren pada APBD 2022

PPKM Level 2

Selama pandemi ini, Farid, lebih banyak di rumah. Ia biasa bermain bareng teman-teman atau saudaranya. Seperti yang diceritakan sang ibu, kalaupun diajak ke mal, hanya menunggu di area parkiran. “Iya, senang banget. Biasanya nunggu di parkiran,” katanya sambil tersenyum.

Pengalaman ninggal anak di parkiran tiap ke pusat perbelanjaan juga pernah dialami Lutfiyah, 42. Putra bungsunya, Fatih, 5, beberapa kali harus ditinggal di mobil saat ibunya harus beli perlengkapan rumah tangga di mal.

Biasanya Lutfiyah ditemani sang suami atau sebaliknya kalau suami yang masuk mal gantian dia menunggu di mobil bersama Fatih. “Tapi kalau dia [Fatih] nangis ya balik lagi ke mobil. Enggak jadi belanja,” ceritanya sembari menunggu pesanan makanan di area Food Court SGM, Solo, Rabu.

Baca Juga: Simak Lur! Ini Poin-Poin SE Wali Kota Solo tentang PPKM Level 2

Turunnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Solo ke level 2 yang berdampak pada pelonggaran anak masuk mal ini menurutnya sangat membantu ibu-ibu tanpa asisten rumah tangga sepertinya.

Dulu ia kerap bingung ke mana harus menitipkan Fatih saat ia butuh berbelanja. Sekolah tutup karena sistem daring, sementara anaknya tidak mungkin ditinggal di rumah.

“Ya dua tahun terakhir ini bingung juga sih ke mana harus menitipkan anak. Belanja di warung juga enggak semua lengkap banget. Jadi memang harus ada agenda belanja di mal. Syukurlah aturannya sudah agak longgar,” kata Lutfiyah.

Baca Juga: Solo PPKM Level 2, Anak 5 Tahun ke Atas Boleh Masuk Mal

Kesiapan Pengelola Mal

Namun, Lutfiyah mengatakan ada sejumlah konsekuensi dari pelonggaran aturan masuk mal Kota Solo tersebut. Salah satunya harus menjaga ketat protokol kesehatan (prokes) kalau mengajak anaknya masuk mal.

Hal lain yang juga masih ia perhatikan adalah menjaga imun keluarga dengan mengonsumsi makanan sehat, dan madu. Menurutnya, hal itu penting meskipun angka positif Covid-19 sudah menurun.

Pelonggaran aturan anak-anak di atas lima tahun boleh masuk mal tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Solo No 067/3272 tentang PPKM Level 2 Solo yang terbit pada Selasa (5/10/2021) sore.

Sebelumnya hanya anak usia 12 tahun ke atas yang boleh masuk mal dan tempat umum lain. Syarat boleh masuk yakni harus didampingi orang tua.

Baca Juga: Ruang Ganti Stadion Manahan Solo Rusak, Ini Penjelasan Panpel

General Manager SGM, Bambang Sunarno, menyambut baik keputusan tersebut. Mal juga sudah melakukan sejumlah persiapan untuk itu. Khususnya dalam hal pendisiplinan prokes.

Akses masuk satu pintu, wajib scan barcode aplikasi PeduliLindungi, serta wajib pendampingan orang tua atau wali untuk pengunjung anak-anak.

Chief Marcomm Solo Paragon Lifestyle Mall, Veronica Lahji, juga siap menyambut aturan baru tersebut. Anak-anak dengan pendampingan orang tua dijamin aman masuk mal. Pengelola mal bahkan membentuk Satgas Covid-19 internal untuk menegakkan prokes.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago