SOLOPOS.COM - Polisi melakukan atraksi beladiri memecahkan batu beton saat upacara hari ulang tahun tahun (HUT) ke-66 Bhayangkara di Alun-Alun Karanganyar, Minggu (1/7/2012).


Polisi melakukan atraksi beladiri memecahkan batu beton saat upacara hari ulang tahun tahun (HUT) ke-66 Bhayangkara di Alun-Alun Karanganyar, Minggu (1/7/2012).

KARANGANYAR--Berbagai atraksi beladiri memeriahkan upacara hari ulang tahun (HUT) ke-66 Bhayangkara yang dilaksanakan Polres Karanganyar di Alun-Alun Karanganyar, Minggu (1/7/2012).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pasukan pengendali massa (dalmas) memperagakan kemampuan bela diri seperti memecahkan besi dan batu beton dengan tangan kosong. Atraksi beladiri dimulai dengan puluhan anggota dalmas Polres Karanganyar yang berjejer rapi di tengah lapangan.

Satu per satu anggota dalmas memecahkan besi yang telah dipasang di atas dua tumpuan balok kayu. Selanjutnya, para perwira Polres Karanganyar juga memperagakan hal serupa. Tak hanya besi, mereka juga memecahkan batu beton dan bongkahan es batu dengan tangan kosong.

Kapolres Karanganganyar, AKBP Nazirwan Adjie Wibowo, mengatakan atraksi beladiri yang diperagakan saat upacara merupakan simbol kesiapan dan kesiagaan polisi dalam menjaga keamanan masyarakat. Polisi menjadi garda terdepan dalam menciptakan kondisi keamaan yang kondusif.

Selama ini, seluruh jajaran Polres Karanganyar diwajibkan mengikuti latihan beladiri Merpati Putih. Latihan tersebut untuk menggembleng fisik dan memberikan kemampuan beladiri dengan tangan kosong kepada  para polisi. “Atraksi ini bukan pamer kekuatan namun simbol bahwa polisi siap menjaga kondisi keamanan di masyarakat,” ujarnya.

Kapolres menyatakan polisi harus meningkatkan profesionalisme dengan mengedepankan unsur-unsur persuasif saat menyelesaikan konflik. Sehingga dapat mencegah timbulnya korban jiwa dari orang sipil.

Sementara, Kasubag Humas Polres Karanganyar, AKP Joko Waluyono, menambahkan Polres Karanganyar memberikan penghargaan kepada masyarakat yang turut berperan aktif menjaga situasi keamanan agar kondusif. Masyarakat yang menerima penghargaan tersebut berasal dari berbagai kalangan yang berjumlah 20 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya